Sidang Masa Pertama, DPRD Bahas 3 Ranperda Kota Ternate

Editor: Admin author photo
Junaidi Bachrudin Ketua Bapemperda DPRD Ternate (dok.Alfian/NT)
TERNATE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate melaksanakan rapat paripurna pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Ternate Tahun 2021, Senin, 1 Februari 2021.

Sidang masa pertama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) itu, membahas tiga poin yakni, Perlindungan dan Hak Disabilitas, Inisiasif tentang Hukum Daerah dan penambahan dua Ranperda diluar Bapemperda tentang Penyelengaranan Pendidikan Pondok Pesantren dan Madrasah.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Junaidi Bachrudin menyatakan, Ranperda tentang Penyelengaranan Pendidikan Pondok Pesantren dan Madrasah serta Pemenuhan Hak Disabilitas itu diusulan oleh Fraksi PKB dan Fraksi Demokrat.

"Perda ini baru di usulkan sesuai dengan Permendagri Nomor 80 dan di revisi menjadi Permendagri nomor 120 tahun 2019," ujarnya saat disambangi usai sidang paripurna.

Junaidi bilang, sebelum dua ranperda ini di setujui, Bapemperda akan minta pengusulan penyampaian alasan urgensi dua Ranperda tersebut, setelanya akan di tetapkan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pengusul untuk menyampaikan fungsi dua ranperda ini , jika sudah maka akan di kaji di Bapemperda," jelasanya.

Apabila usulan dua renperda itu, sambung Junaidi, memiliki alasan kuat dan sesua kondisi masyarakat Kota Ternate, maka akan diminta persetujuan bersama dengan bagian hukum Permerintah Daerah.

"Kemudian selanjutnya di tambahkan dalam Bapemperda tahun 2021 dan di lanjutkan pada mekanisme pembahasan di DPRD," tandasnya.

Penulis: Alfian Hatari
Editor  : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini