Astaga! Kades Terpilih Desa Baleha Diduga Gunakan Ijazah Paslu

Editor: Admin author photo
2 Cakdes Desa Baleha, Mandala Saputra Upara dan Arba Yakseb.

SANANA - Salah satu oknum Kepala Desa (Kades) terpilih di Desa Baleha Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), diduga menggunakan ijazah palsu. 

Hal ini menguat setelah Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Baleha, Adibon Sanaba, diketahui menceritakan masalah ini ke Cakades nomor urut 2, Mandala Saputra Upara dan Cakades nomor urut 3, Arba Yakseb.

Cakades nomor urut 2, Mandala Saputra Upara, saat dikonfirmasi nusantaratimur.com, Jumat (7/5/2021) mengatakan, setelah pelaksanaan kampanye oleh seluruh Cakades, dirinya mendapat informasi bahwa Cakades nomor urut 4 atas nama Arifin Ahmad memiliki ijaza paket C dan paket B dengan tahun kelulusan yang sama.

"Saya dapat informasi bahwa Cakades nomor urut 4 memiliki ijaza paket C dan B dengan tahun kelulusan yang sama, kemudian untuk ijaza SD Arifin Ahmad yang menggunakan surat keterangan dari Kepolisian," sambungnya.

Lantaran itu, Ia dan kandidat lainya merasa dibodohi oleh panitia Pilkades Baleha.

"Saya meminta ke Bupati, pelantikan kades terpilih Arifin Ahmad agar ditunda," tegasnya.

Cakades nomor urut 3  Arba Yakseb juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya Cakades nomor urut 4 Arifin Amad telah memiliki ijaza paket C dan B dengan tahun kelulusan yang sama. 

"Saya dapat informasi unj dari Sekretaris panitia Desa," bebernya.

Arba bilang, ia bersama Cakades nomor urut 2 sudah melayangkan surat ke panitia Desa, panitia Kecamatan dan panitia Kabupaten, agar melakukan pemeriksaan kembali berkas Cakades nomor urut 4 tersebut.

Namun, hingga saat ini pihaknya bersama Cakades nomor urut 2 belum mendapat informasi resmi dari paitia Desa, panitia Kecamatan dan panitia Kabupaten.

"Kita belum tandatangan sampe sekarang, karena kami meminta ke panitia desa keluarkan berkas persyaratan Cakades nomor urut 4, apabila masalah ini terbukti maka saya dan Cakades nomor urut 2 akan membawa ke ranah hukum," tegasnya. 

Hingga berita ini dipublis Nusantaratimur.com masih berupaya mendapatkan tanggapan resmi dari Sekertaris Panitia Pilkades Baleha, Adibon Sanaba.

Penulis : Suhardi Umagapi
Editor   : Redaksi


Share:
Komentar

Berita Terkini