Dalam Waktu Dekat BPKPAD Malut Selesaikan Utang Pihak Ketiga

Editor: Admin author photo
Kepala BPKPAD Provinsi Maluku Utara, DR. Ahmad Purbaya saat di wawancarai (Istimewa)
SOFIFI- Pemprov Maluku Utara berjanji  akan menyelesaikan tunggakan pihak ketiga. Sedikitnya ada 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah memasukkan daftar utang pihak ketiga ke Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Provinsi Maluku Utara.

“ Untuk piutang pihak ketiga sesegera mungkin diselesaikan dalam waktu dekat,” ungkap Kepala BPKPAD Provinsi Maluku Utara, DR. Ahmad Purbaya, ST, MH kepada wartawan di Ternate, Senin (29/03/2021).

Meskipun 11 OPD sudah memasukkan daftar piutang pihak ketiga, namun OPD tersebut harus menyesuaikan nomor rekening dengan aplikasi SIPD atau Sistem Informasi Pembangunan Daerah.

“ Dalam aturan, rekening yang masuk ke SIPD itu harus tahun ini agar hutang tersebut dapat terbayar,” kata Ahmad Purbaya.

Selain itu, BPKPAD sudah mengundang OPD untuk masing-masing melakukan pemetaan dan hasilnya segera dimasukkan ke Badan Keuangan untuk diterbitkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA).

“ Hasil pemetaannya harus di sampaikan ke BPKPAD untuk segera diterbitkan DPPA nya,” Katanya.

Dikatakan Ahmad Purbaya, dari 11 OPD baru lima yang memasukkan hasil berkas pemataannya. Setelah itu BPKPAD akan menerbitkan DPPA untuk dilakukan pembayaran. 

Sementara 6 OPD lainnya diharapkan segera mungkin memasukkan dokumen pemetaannya agar dipercepat pembuatan DPPA. 

“ Lima OPD itu sebelum memasuki bulan suci Ramadha sudah dilakukan proses pembayaran hutang pihak ketiga,” (Tim/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini