Hari Pertama UAS, Kadikbud Malut Pantau Sejumlah Sekolah di Ternate

Editor: Admin author photo
Ikustrasi UAS (Istimewa)
TERNATE- Hari pertama Ujian Sekolah Tingkat SMA, SMK dan SLB Provinsi Maluku Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Imam Makhdy Hassan memantau dan memonitor pelaksanaan ujian sekolah di sejumlah sekolah di Kota Ternate, yakni SMAN 1 Kota Ternate, SMKN 1 Kota Ternate, SMAN 4 Kota Ternate, SMAN 5 Kota Ternate dan SMKN 2 Kota Ternate.

Menurut Iman Makhdy pelaksanaan ujian sekolah hari ini di 10 Kabupaten/Kota berjalan lancar dan tidak ada kendala berdasarkan hasil  monitoring dan pemantauan selama ujian sekolah berlangsung.

“ Pelaksanaan ujian sekolah di 10 Kabupaten/Kota ada keterwakilan Dikbud yang memantau dan monitor langsung keterlaksanaannya ujian di satuan pendidikan,” ungkap Imam Makhdy Hassan ketika ditemui di SMA Negeri 1 Ternate usai memantau jalannya pelaksanaan ujian sekolah hari ini, Senin (22/03/2021).

Sementara jumlah peserta yang mengikuti ujian sekolah tahun ini sebanyak 19.606 siswa maupun siswi. “ Untuk SMA 13.575 siswa, SMK 5.969 siswa dan SLB 62 siswa”. Kata Imam Makhdy, hari pertama hasil pemantauan semua siswa mengikuti ujian tidak kendala.

Dia menambahkan, untuk sekolah yang melaksanakan ujian sekolah secara daring memang ada gangguan teknis jaringan 5 hingga 10 menit kemudian sudah stabil, karena dilakukan perbaikan, baik sekolah yang melaksanakan ujian menggunakan kertas maupun daring berjalan lancar, tutur Imam Makhdy.

Selain itu, Dikbud Malut telah mendelegasikan setiap Kabupaten/Kota 2 orang yang bertugas memantau hingga selesai ujian sekolah. 

“ Pemantau hasil ujian sekolah kita akan melakukan evaluasi kira-kira kendala pelaksanaannya apa dan masalahnya apa selama ujian semester ini,” tandas Imam Makhdy,  kenapa karena memang pelaksanaan ujian tahun ini diserahkan ke sekolah dan kita akan melihat sejauh mana kemampuan sekolah melaksanakan ujian secara mandiri. Ada masalah atau tidak, tetapi kita berharap mudah-mudahan dalam pelaksanaan ujian kali ini tidak ada masalah proses pelaksanaannya.

Untuk itu, kata Imam Makhdy, pada akhir dari pelaksanaan ujian tersebut ada pelaporan dari setiap  cabang dinas di 10 Kab/kota ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara untuk di identifikasi permasalahan-permasalahannya.

 “ Saya yakin dan percaya insya Allah tidak ada masalah selama ujian berlangsung,” ucap Imam.

Dia pun berharap kepada seluruh peserta agar dapat melaksanakan ujian dengan baik, karena ujian bukan sekedar menyelesaikan soal-soal yang ada, tetapi ujian dapat membentuk karakter siswa dari sisi kejujuran dan disiplin yang dapat membentuk kepribadian yang baik, tutupnya. (Tim/red)



Share:
Komentar

Berita Terkini