Sambut Isra Mi'raj, MAN 1 Kota Ternate Hadirkan Ulama Terkenal

Editor: Admin author photo

 

Kegiatan Isra Mi'raj di MAN 1 Kota Ternate. (Foto:ist) 

Ternate-Menyambut hari besar Islam, Isra' Wal Mi'raj Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate menggelar sejumlah kegiatan dan menghadirkan ulama terkenal Habib Bagir bin Syech Abubakar.

Kepala Madrasah MAN 1 Kota Ternate, La Bani La Desi mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka Menyambut Isra' Miraj 1442 H yang dirangkaikan dengan dzikir dan doa bersama bagi kelas XII yang akan mengikuti Ujian akhir tahun ini. 

"Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan MAN 1 Ternate ini diikuti oleh Kepala MAN 1 Ternate, para Wakil kepala Madrasah, Dewan Guru, JP Pada Tata Usaha dan tenaga kependidikan Lainnya. Hadir sebagai pengisi ceramah agama Habib Bagir bin Syech Abubakar," sebut La Bani. Rabu (10/03/21). 

Lanjut La Bani mengatakan Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan Shalat Dhuha secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan khataman Alquran, dzikir serta doa bersama.

"Pada Peringatan Isra' Miraj 1442 H, yang diawali dengan pembacaan tilawah oleh Siswi MAN 1 Ternate Siti Khumairah dan sari tilawah oleh Aqila Masyrifah. Pasca pembacaan Tilawah," ungkapnya. 

Kepala MAN 1 Ternate itu juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dengan menghadirkan seorang ulama besar di Kota Ternate. "Saya berharap ilmu yang disampaikan akan mampu diserap oleh seluruh warga MAN 1 Ternate yang hadir," imbuhnya. 

Sementara itu pembawa ceramah Habib Bagir bin Syech Abubakar menyampaikan hikmah Isra' Miraj kepada para peserta. Habib Bagir menyampaikan keutamaan dari perintah Shalat yang langsung diberikan Allah dalam peristiwa Isra' Miraj kepada Nabi Muhammad saw, dan menekankan untuk Tidak pernah meninggalkan shalat.

"Isra' Miraj merupakan mukjizat terbesar kedua Nabi Muhammad saw setelah Alquran, perjalanan tersebut dilakukan saat Rasulullah sedang dalam keadaan sedih karena meninggalnya Istri dan Paman Rasulullah yang sangat dikasihi. Dalam perjalanannya, Rasulullah sempat singgah di beberapa masjid untuk melakukan shalat. Habib Bagir juga mengatakan bahwa, ketika sampai di masjidil Aqsa, Rasulullah mengimami shalat yang diikuti oleh sekitar 124.000 Nabi dan Rasul," ungkap Habib. 

Lanjut ia menceritakan dalam menerima perintah Shalat, Rasulullah menerima perintah agar umatnya melaksanakan shalat 50 Waktu dalam sehari. Namun, karena saran dari Nabi Musa as, Rasulullah meminta keringanan kepada Allah. R

"Rasulullah meminta keringanan hingga 9 kali, kemudian Allah memberi perintah melaksanakan shalat sebanyak 5 kali dalam satu hari," tutur Habib kepada Jama'ah. 

Pada akhir ceramahnya, Habib Bagir membacakan doa serta menyampaikan pesan dan amalan kepada para siswa MAN 1 Ternate agar mampu menyerap ilmu yang disampaikan di Madrasah dengan baik.

Kegiatan tersebut berlangsung khidmat, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun dengan guyuran hujan yang turun, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti ceramah yang diberikan oleh Habib Bagir bin Syech Abubakar. (Red/tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini