TMMD ke-110 Kodim 1510/Sula Resmi Dibuka, Dua Desa Jadi Sasaran Prioritas

Editor: Admin author photo
Pembukaan program TMND ke 110 Kodim 1510/Sula (dok.Suhardi)
SANANA - Program Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 110 tahun 2021 Kodim 1510 Kabupaten Sula, Maluku Utara resmi dibuka, Selasa 2 Maret 2021.

Kegiatan itu digelar di Desa Waiboga, Kecamatan Sulabesi Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula.

Dandim Kodim 1519/Sula Letkol Inf Tri Yudianto mengatakan, kegiatan TMMD ini bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di wilayah kabupaten setempat dengan sasaran penanggulangan bencana banjir dan persolan air bersih.

"Jadi di Desa Waiboga ini kita membuat talut sepanjang 250 meter, karena selama ini desa tersebut rawan akan terjadinya banjir saat hujan, lantaran masih kurang memiliki penampung air sehingga kalau terjadi hujan, air masuk ke pemukiman warga," ujar Tri.

Sedangkan untuk air bersih, Tri mengaku, masih terdapat Desa di wilayah setempat masih kesulitan air bersih. Seperti halnya di Desa Sama, Kecamatan Sulabesi Timur. "Memang ada air bersih namun hanya sebagian saja yang mendapatkan air tersebut," katanya.

 "Jadi salah satu program TMMD di Desa Sama ini kita membuat penampungan bak air bersih dari mata air di atas gunung dan kita distribusikan ke seluruh masyarakat, sehingga semua masyarakat dapat menikmati air bersih itu, dan Desa ini kami bangunan bak air dengan ukuran lebar 4x4 serta tingginya 2x50 meter," tambahnya.

Selain itu kata Tri, dalam sasaran program TMND itu juga akan dibuatkan fasilitas MCK di Desa tersebut. "Karena saya lihat fasilitas berupa MCK di Desa Sama ini belum ada, maka dari itu kami dari TMMD ini ingin membuat MCK," ungkapnya.

Ia berharap, program TMMD tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, juga sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat Desa.

"Alhamdulillah, dalam kegiatan ini kami juga didukung oleh Pemda dalam rangka akselerasi pembangunan ini, terutama dalam penganggaran dan Pemda siapkan anggaran sebesar 1 Miliar," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain TNI unsur Pimpinan Forkopimda dan Instansi terkait di Kabupaten Kepulaun Sula.

Penulis : Suhardi Umagapi
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini