Tradisi Kumo Dumai, Warnai Penyambutan Kapal Latih Angkatan Laut Kerajaan Spanyol di Tidore

Editor: Admin author photo
Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol Tiba di Tidore (Istimewa)

TIDORE - Kapal Latih Angkatan Laut Kerajaan Spanyol akhirnya tiba di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Kapal tersebut berlabuh kawasan pantai Mareku, Kecamatan Tidore Utara, Sabtu, 27 Maret 2021.

Kedatangan kapal latih ini dalam rangka napak tilas peringatan 500 tahun pelayaran Ferdinand Magelhaens dan Juan Sebastian de Elcano.

Pengamatan Nusantaratimur.com, kehadiran Kapal tersebut disambut antusias warga Tidore,  dengan prosesi adat Kumo Dumai dari Kelurahan Mareku.

Dalam Prosesi Kumo Dumai tersebu, diawali dengan mengitari Kapal Latih oleh Juanga Sangaji Laisa dan Juanga Sangaji Laho. Setelah itu  para Juanga menabur Dumai atau buah pinang dan sirih ke laut,  yang bermakna permohonan keselamatan bagi seluruh armada laut, khususnya Kapal Latih selama melakukan ekspedisi keliling dunia. 

Setelah penyambutan dengan prosesi Kumo Dumai, masyarakat yang berada di pesisir pantai melepaskan lima tembakan Meriam Bulu. 

Dengan begitu, Juanga Sangaji Laisa dan Sangaji Laho kemudian bergabung dalam formasi Hongi Tau Moi Se Malofo. Kapal kemudian digiring menujuh pelabuhan atau pantai Tugulufa. Sebagai apresiasi dari nahkoda kapal, sang capten pun membunyikan blast kapal sebanyak tiga kali.

Salah satu perangkat adat Kesultanan Tidore,  Sangaji Laho Umar Yasin mengaku, upacara penyambutan Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano itu, seperti halnya dilakukan Sultan Al-Mansyur 500 tahun silam.

Dimana kala itu, kata Ia, ekspedisi keliling dunia yang dilakuka oleh Magelhaens bersama Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano, tepatnya pada 8 November 1521atau 500 tahun silam, berlabu di Pelabuhan Mareku Tidore.

"Jadi pada saat itu, setelah penyambutan Sultan Al-Mansyur diketahuu naik ke kapal tersebut," katanya.

Penulis : Salasa Aidar
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini