Wakil Bupati Halteng Buka Bimtek Pilkades 2021

Editor: Admin author photo
Wakil Bupati Halteng saat membuka bimtek Pilkades 2021 (dok.Takdir)
WEDA - Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani Resmi membuka Bimbingan Tekhnis (Bimtek) panitia pemelihan kepala desa tahun 2021, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati, Senin (8/3/2021).

Kegiatan Bimtek tersebut di hadiri oleh 206 peserta panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak masing-masing desa.

Wakil bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani dalam sambutannya mengatan, pemilihan kepala desa merupakan salah satu pilar terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis. Selain menjadi sarana pendidikan politik masyarakat,  juga merupakan momentum memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi secara jujur sehingga dalam pelaksanaannya memerlukan sumber daya manusia. Maka membutuhkan panitia penyelenggara yang profesional, handal dengan kemampuan menguasai regulasi agar nantinya melahirkan pemimpin terbaik demi optimalnya berbagai program dan pembangunan desa kedepan. 

"Selaku pemerintah daerah saya menyambut baik pelaksanaan bimtek ini karena bimtek ini sangat berguna untuk mengantisipasi kesimpangsiuran terhadap regulasi terkait pilkades. ujar Abd. Rahim Odyani.

Abd. Rahim bilang, bimtek tersebut penting digelar untuk menyamakan persepsi dan pengetahuan dalam proses tahapan pilkades. Untuk itu kata Ia, tugas dan tanggung jawab panitia pemilihan kepala desa itu diharapkan dapat berjalan aman, jujur, dan adil serta terhindar dari kesalahan praktek kecurangan dan sengketa paska pemungutan suara.

Kepala Dinas PMD Rivani A.Rajak menambahkan, gelaran kegiatan bimtek itu berdasarkan Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Menteri nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas permendagri 112 tahun 2014. 

"Dan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 8 sampi 9 Maret 2021," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ketua DPRD Sakir Ahmad, sekretaris Daerah Yanto M. Asri, anggota DPRD, asisten, staf ahli, pimpinan perangkat daerah serta panitia pemilihan kepala desa. 

Penulis : Takdir Talib
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini