Walikota Tidore Sampaikan LKPJ Tahun 2020

Editor: Admin author photo
Wali Kota Tikep saat menyampaikan LKPJ (dok.Aidar/NT)

TIDORE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar Rapat Paripurna ke-10 masa Persidangan II Tahun 2021 yang berlangsung di Gedung DPRD, Rabu (31/3/21).

Rapat dengan pembahasan tentang penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2020 itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Ahmad Ishak dan dihadiri 19 Anggota.

Walikota Tikep Capt. Ali Ibrahim dalam pidatonya menyampaikan, laporan keterangan pertanggung jawaban itu merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD yang memuat hasil penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menyangkut pertanggung jawaban kinerja selama satu Tahun anggaran.

"Setidaknya terdapat dua poin substansial dalam LKPJ Tahun 2020 ini, yaitu laporan yang berkaitan dengan hasil penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan," ungkapnya.

Selain itu lanjut Ia,  LKPJ Kota Tikep 2020 itu juga merupakan bentuk akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah pada Tahun terakhir kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen pada periode pertama. 

"Dengan begitu, tentu sudah banyak capaian yang telah diraih, akan tetapi kami sadari masih terdapat juga berbagai hambatan dan kekurangan yang perlu dibenahi bersama. Sehingga evaluasi atas LKPJ ini menjadi sangat penting bagi upaya perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan. Dan kita juga sudah tahu bersama bahwa LKPJ tidak lagi dijadikan sebagai sarana untuk impeachment Kepala Daerah tetapi hanya sebagai instrumen evaluasi dan penilaian publik atas capaian kinerja yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bersama DPRD," pungkas Ali.

Di akhir pidatonya, Ali menyampaikan rasa terima kasih kepada DPRD Tikep atas jalinan kemitraan yang anggap baik.

 "Saya harapkan hubungan kemitraan antara Pemerintah Dearah dan DPRD ini terpelihara dan dapat ditingkatkan guna perbaikan Pemerintahan kedepan," tandasnya.

Selanjutnya Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2020, diserahkan Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim kepada Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   :Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini