Antisipasi Laka Laut Basarnas Ternate Siagakan 2 Kapal Pertolongan

Editor: Admin author photo
Armada Basarnas Ternate, KN SAR Pandudewanata (dok.Humas)

TERNATE - Antisipasi terjadinya  laka laut di perairan Maluku Utara, Kantor Pencarian dan Pertolongan BasarnasTernate, Provinsi Maluku Utara menyiapkan dua armada kapal yakni, KN SAR Pandudewanata dan RB 309.

Dua kapal armada tersebut di tempatkan di dua titik berbeda. KN. SAR Pandudewanata disiagakan di pelabuhan Perikanan Bastiong, Kota Ternate. Sementra RB 309 di kota Bacan, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

"Kita ketahui alur pelayaran Pelabuhan Bastiong ke jalur pelayaran lain cukup ramai, untuk itu selain dua kapal kami juga menempatkan Rigid Inflatable Boats unit siaga disitu. Ini demi mengantisipasi terjadinya kecelakaan pelayaran. Itu karena keadaan cuaca saat ini sangat ekstrim," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah saat di sambangi di Kantornya di Ternate, Seni, (19/4/21).

Arafah menghimbauh, agar masyarakat dalam melaksanakan pelayaran selalu berhati-hati dan menunda perjalanan jika terjadi cuaca ektrim.

“Apa bila terjadi musibah atau mati mesin, secepatnya untuk menghubungi Basarnas atau instansi terkait agar segera diberikan pertolongan,” pintanya.

Selain itu ia meminta, pemilik kapal jasa laut terus mengecek kondisi kapal dan menyiapan alat keselematan sebelum berlayar.

“Untuk para nelayan juga harus meperhatikan perlengkapan keselamatan terutama lift jaket, kompas, dan Hanpone (yang dapat digunakan saat terjadi sesuatu)," tandasnya.

Penulis : Adinan Ajud
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini