Dorong Pembentukan FKPT Papua-Papua Barat, Om Pala Melanesia Dukung KKB Jadi Organisasi Teroris

Editor: Admin author photo

 

Om Pala Saat Melakukan Bakar Batu Bersama Warga Papua (foto:ist) 

Ternate, - Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Maluku Utara (FKPT Malut) Mukhtar A. Adam sekaligus Om Pala Melanesia mendukung Kebijakan Pemerintah Melalui Menkopolhukam dengan menetapkan (Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sebagai organisasi teroris yang menganggu kenyamanan warga Papua. 

"Ini merupakan langkah strategis untuk melibatkan Densus 88 dalam operasi keamanan dalam negeri, organisasi KKB walaupun hanya bergerak di wilayah Papua namun telah mengancam kesatuan negara, menganggu keamanan negara dan mengancam warga sipil," ungkap Mukhtar. Kamis (29/04/21) di ruang kerjanya. 

Lanjutnya dengan penetapan KKB sebagai organisasi teroris diharapkan langkah-langkah penanganan kelompok bersenjata di Papua segera dituntaskan. 

"Penetapan KKB sebagai organisasi teroris sejalan dengan amanah UU teroris yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi UU," papar Mukhtar yang juga sebagai Om Pala Melanesia itu. 

Om Pala bilang yang mengatur tentang teroris kepada orang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan dirinya untuk merencanakan, menggerakkan, dan mengorganisasikan terorisme. Merupakan kelompok teroris yang harus ditangani oleh negara dengan memanfaatkan kekuatan negara. 

"Problem di Papua sudah berlarut-larut sehingga menjadi penghambat bagi proses pembangunan di Papua oleh kelompok kecil yang menganggu keamanan negara, karena itu dengan penetapan status sebagai kelompok teroris maka Polri dapat mengerahkan kekuatan yang dimiliki seperti densus 88 yang didukung oleh BNPT untuk mendorong pelibatan serta masyarakat dalam Forum Koordinasi Penanggulangan Teroris yang di perankan oleh para tokoh masyarakat di Papua dan Papua Barat," pinta Om Pala. 

Ia berharap Khusus penanganan KKB di Papua BNPT perlu membentuk FKPT yang jejaringnya sampai ke Kabupaten Kota.

"Diharapakan pertimbangan luas wilayah dan sebaran kelompok KKB di berbagai kab/kota di Papua, maka perlu di bentuk FKPT di seluruh kabupaten kota untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan meluasnya gerakan KKB di Papua," harap Akademisi Unkhair itu. (Red-tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini