Ini Jadwal Pilkades Serentak di Tidore Kepulauan

Editor: Admin author photo
Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Tikep, Iswan Salim (dok Aidar/NT)

TIDORE - Gelaran Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) bakal berlangsung pada 26 Juni 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Tikep, Iswan Salim, di Tidore, Rabu, (28/4/2021).

"Jadi pada bulan Mei mendatang itu sudah masuk pada tahapan pemutakhiran data pemilih dan pencalonan kepala desa," katanya.

Iswan mengaku, saat ini Badan Permusyawaratan Desa atau BPD sudah mulai membentuk Panitia Pemilihan di masing-masing desa.

"Panitia ini terdiri sebanyak lima orang yang berasal dari lembaga kemasyarakatan maupun tokoh masyarakat," ujar Iswan.

Pilkades serentak di Kota Tikep kali ini di ikuti sebanyak 26 desa. Dengan rincian 23 desa di daratan Oba, 2 di Pulau Mare dan 1desa di Maitara.

"Saya berharap agar pilkades ini  berjalan lancar dan sukses tanpa harus melahirkan konflik yang berkepanjangan. Intinya siapapun kepala desa yang akan terpilih nanti, tugasnya adalah membangun desa dan mensejahterakan masyarakat sebagaimana amanat undang-undang," harapnya.

Iswan menambahkan, untuk syarat pencalonan pada pilkades serentak 2021 ini minimal berpindidikan SMP dan SMA serta berusia paling renda 25 tahun.

"Hal itu berdasarkan peraturan wali kota Tidore Kepulauan nomor 16 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pemilihan kepala desa pada pasal 21 huruf d dan e, " tandasnya.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini