Ini Jumlah DPT Pada PSU Pilkada Halut Yang Ditetapkan KPU

Editor: Admin author photo

Hasil Pleno KPU Halut (dok.Rustam/NT)

TOBELO - Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, telah menggelar pleno penetapan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) untuk agenda Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Halut 2021 di empat TPS dan satu TPS khusus di kawasan PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM).

Pleno tersebut berlangsung di Hotel Kita, Kecamatan Tobelo Tengah, pada Selasa kemarin, (20/04/2021).

Keputusan ini sesuai hasil rekapitulasi daftar pemilih untuk PSU di empat TPS dan satu TPS khusus di kawasan PT. NHM, yang rencananya akan dihelat 28 April 2021 mendatang. Hal ini sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Putusan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Halut tahun 2020 kemarin.

Daftar DPT, DPTb dan DPPh di tiap TPS yang telah ditetapkan itu diantaranya, TPS 01 dan 02 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara berjumlah 928 pemilih. Sementara TPS 07 Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo berjumlah 436 pemilih. Sedangkan di TPS 02 Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk berjumlah 195 pemilih. Dan TPS Khusus 01 dan 02 di kawasan PT. NHM, Kecamatan Malifut berjumlah 541 pemilih. Dengan demikian, total DPT untuk PSU Pilkada Halut 2021 sebanyak 2100 pemilih.

Ketua KPUD Halut, Muhammad Rizal saat dikonfirmasi mengatakan, penetapan hasil rekapitulasi DPT tersebut sudah sesuai regulasi. Menurutnya Rizal,hasil dari pleno itu juga  telah dikonsultasikan ke KPU Provinsi Maluku Utara maupun KPU RI.

“Kita sudah tetapkan sesuai regulasi, dan itu dihadiri semua pihak, serta sudah sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) KPU RI. Kemudian kami juga telah berkonsultasi ke KPU Provinsi Malut, dan dan KPU RI terkait hal ini,” tandas Rizal.

Untuk diketahui, TPS khusus di PT. NHM dibagi menjadi dua TPS, semata-mata untuk pemberlakuan Protokol Kesehatan atau Prokes Covid-19.*

Penulis : Rustam Gawa
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini