Lagi, DKP Tidore Panen Hasil Budidaya Udang Vename

Editor: Admin author photo

Saat penen Udang Vaneme berlangsung (dok. Aidar/NT)

TIDORE - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) kembali memanen hasil budidaya Udang Vename, hasilnya sebanyak 600 Kilo Gram. 

Hasil panen tersebut akan dipasarkan kepada masyarakat  maupun pedagang lainnya dengan harga yang bervariasi.

"Untuk harga perkilonya itu dijual seharga Rp. 100 ribu, tapi ada juga senilai Rp. 70 dan 80 ribu perkilo, tergantung ukurannya. Jadi udang vename ini selain kami pasarkan di Tidore, juga ada pedagang yang datang membeli untuk menjual di Ternate," kata Muhammad Syarif, Kepala Bidang Budidya Perikanan saat ditemui sejumlah media, dilokasi panen di Kelurahan Dowora, Tidore Senin (26/4/2021).

Dari penjualan itu, kata Muhammad Syarif, hasilnya akan di pergunakan untuk pembayaran gaji karyawan dan biaya operasional pengembangan budidaya. Selain itu, dimasukan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tidore.

"Di tahun 2019 kemarin, setelah panen ada pemasukan ke kas daerah berupa PAD senilai Rp. 50 Juta. Untuk tahun ini kami belum bisa pastikan berapa karena hasil panennya juga tidak terlalu banyak," katanya.

Muhammad Syarif menjelaskan, DKP selain mengelola budidaya udang vename secara langsung di Kelurahan Dowora, pihaknya juga memiliki kelompok binaan budidaya udang vename di tempat lain seperti di Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur.

Ia bilang, kelompok di Cobodoe juga akan menggelar panen hasil budidaya pada 29 April 2021 besok. Proses panen ini rencananya dihadiri oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim.

"Jadi lokasi tempat ini berdekatan dengan pelabuhan Fery Dowora, insyaAllah kalau di tambak itu hasilnya agak banyak," tandasnya.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini