Dua Hari Kedepan Wilayah Malut Diprediksi Masih Diguyur Hujan

Editor: Admin author photo
Prakirawan Cuaca (dok.Adinan/NT)

TERNATE - Peringatan dini cuaca ekstrem hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Provinsi Maluku Utara diprediksi masih berlangsung selama dua hari kedepan.

Hal ini dikemukakan Satria Kridha Nugraha, Prakirawan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Kelas I Sultan Babullah Ternate, Selasa, (25/05/2021).

Satria mengatakan, dalam beberapa hari ini, wilayah Maluku Utara sedang tertangkal tekanan rendah 1008 Hecto Pascal (hPa), yang bergerak dari timur menuju ke barat.

"Kemungkinan besar hari ini sudah bergerak ke wilayah Utara, namun untuk potensi curah hujan masih terpantau sampai besok hingga malam hari dan seterusnya. Potensi hujan ini adalah ringan hingga sedang. Sedangkan di esok harinya hingga malam hari dan seterusnya kemungkinan besar potensi curah hujan sudah mulai berkurang di karenakan tekanan rendah yang tadinya ada di Utara Maluku Utara itu sudah bergerak menjauhi wilayah Maluku Utara," tuturnya saat di sambangi di ruang kerjanya.

Ia bilang, daerah yang potensi signifikan terjadi hujan sedang-lebat itu berada di wilayah Halmahera Timur, Halmahera Barat, Kota Ternate, Kota Tidore, Halmahera Selatan, Halmahera Utara dan Morotai. Sementara untuk Kepulauan Sula berpotensi hujan ringan.  

"Selain itu wilayah Maluku Utara juga ada potensi peningkatan tinggi gelombang yang cukup signifikan terutama di wilayah selatan, yakni di perairan kepulauan Sula bagian selatan, Bacan dan Obi. Peningkatan gelombangnya diatas dua  meter," katanya.

Satria menghimbau agar para nelayan, pengguna dan pelaku jasa laut tetap waspda dalam  pelayaran di beberapa wilayah yang berpotensi gelombang tinggi tersebut.

"Karena di perkirakan sampai tiga hari kedepan potensi nya masih sama," tandasnya.

Penulis : Adinan Ajud
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini