Gubernur Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perwakilan BPKP Malut

Editor: Admin author photo

Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba letakan pembangunan Kantor BPKP Provinsi Maluku Utara
SOFIFI- Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba (AGK) peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara di dampingi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD, Kepala Perwakilan BPKP Malut serta Walikota Tidore Kepulauan, bertempat dijalan kilometer 40, Sofifi, Selasa (25/5).

Gubernur AGK dalam sambutannya mengatakan bahwa ini adalah momen yang paling penting dalam peletakan batu pertama sekaligus menandakan bahwa kehadiran BPKP untuk mengawal pembangunan di Provinsi Maluku Utara.

"Alhamdulillah hari ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena hari ini kita sama-sama menyaksikan peletakan batu pertama sebuah pembangunan di kawasan Kota Baru Sofifi yang di bangun pada hari ini yakni pembangunan Kantor BPKP," kata AGK.

Gubernur juga berharap kepada Pemerintah pusat, semoga dengan ditetapkan Sofifi sebagai Kota Baru ini dapat memberikan dukungan anggaran dalam rangka mempercepat pembangunan yang ada di ibukota Provinsi Maluku Utara termasuk Gedung Kantor BPKP.

“ Dengan adanya gedung baru perwakilan BPKP, yang berada dilingkungan kompleks Masjid Raya Sofifi ini, kata Gubernur, akan semakin memudahkan kepada pegawai BPKP dalam hal melaksanakan ibadah kepada Allah SWT,” tuturnya.

Sebelumnya itu Kepala BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Ak. sekaligus ketua panitia pembangunan dalam Laporannya mengatakan bahwa semulanya pembangunan gedung kantor ini dimulai pada tahun kemarin, penundanya dikarenakan adanya covid dan refocusing sehingga pelaksanaanya baru dilakukan pada tahun ini.

"Alhamdulillah pembangunan gedung kantor dapat terlaksana atas dukungan dari kepala BPKP beserta seluruh jajaran yang dimana telah memperjuangkan anggaran sehingga bisa masuk dalam anggaran pembangunan pada tahun ini,” ungkapnya.

Pembangunan gedung Kantor baru ini di atas lahan 9689 meter persegi dan ini adalah hiba dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur serta jajaran Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang mana telah memberikan lahan sehingga bisa membangun gedung baru " terima kasih bapak Gubernur sudah menghibahkan tanah sehingga kami bisa membangun gedung kantor baru kami di Sofifi". Kata Aryanto.

Gedung Kantor BPKP Provinsi Maluku Utara lanjut Aryanto dibangun diatas lahan seluas 9689 persegi dan rencananya luas bangunan adalah sekitar 4650 meter persegi dengan rancangan empat lantai dan penunjang fasilitas berupa ruang-ruang kelas, ruang diklat dan sarana pelatihan termasuk lab komputer yang nantinya diperuntukan untuk pelatihan bagi para stakeholder, 

“ Jadi teman-teman dari Pemda baik Provinsi maupun Kab/Kota biasanya ada pelatihan-pelatihan nantinya akan kami undang di Kantor BPKP Provinsi Maluku Utara ini" harapnya.

Sementara itu Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD Dadang Kurnia Ak, MBA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur dalam hal ini Pemerintah Maluku Utara yang telah menghibah lahan dalam rangka pembangunan gedung Kantor BPKP di Sofifi.

Kurnia mengharapkan dengan kehadiran gedung baru ini di harapkan kinerja dari teman-teman BPKP Maluku Utara semakin meningkat, dan dapat melakukan pelayanan yang optimal kepada seluruh stakeholder, sebab kehadiran kantor ini sangat erat kaitannya tentang akuntabilitas keuangan indonesia, secara khusus di Maluku Utara.

Gedung baru ini kata Kurnia akan didesain secara grenhovice dan hemat energi karena menggunakan panel surya dan komposisinya 60 persen yang disuplai dari dari panel surya, termasuk pengolahan airnya juga secara mandiri sehingga menghemat dalam aspek energi. " Mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkan oleh bapak ibu semua dan insha Allah tahun depan bisa diresmikan sehingga kita sudah bisa melaksanakan rapat bersama di gedung ini,"katanya.

Dalam pelayanan nanti diharapkan kepada teman-teman BPKP Provinsi Maluku Utara lebih meningkatkan lagi untuk melayani stakeholder dengan tetap mengedepankan nilai-nilai BPKP yaitu pionir, profesional, integritas, orientasi pengguna, nurani dan akal sehat serta independen,"tutupnya

Turut hadir dalam dalam acara tersebut, Deputi Kepalap BPKP Bidang PPKD Dadang Kurnia, Kepala Perwakilan BPKP Malut Aryanto Wibowo, Walikota Tidore Kepulauan Kapten Ali Ibrahaim, Perwakilan BPK Malut, Staf Ahli Gubernur Darwis Puah, Kepala Inspektorat Malut Nirwan MT.Ali, Kepala Biro BPKP Malut Rahwan K, Suamba serta tamu undangan lainya. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini