Muatan Melebihi Kapasitas Truk Milik Toko Maluku Jaya Terbalik

Editor: Admin author photo
Kondisi truk (dok.Aidar/NT)

TIDORE - Sebuah Truk pengangkut barang milik toko Maluku Jaya terbalik saat beroprasi di jalan raya Kelurahan, Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Selasa pagi, (25/5/2021).

Pertiwa naas ini tidak memakan korban jiwa. Namun barang bawaan seperti mie instan, deterjen, serta minyak goreng berhamburan ke jalan raya.

Truk dengan nomor polisi DG 8079 KA tersebut terbalik diduga disebabkan karena rem blong saat menanjak.

Ivan, sopir dari truk tersebut menuturkan, awalnya dirinya hendak mengantar pesanan barang bahan pokok itu ke Kelurahan Gurabati dan Soasio. Saat berada di jalan belakang kelurahan Rum Balibunga, terdapat tanda larangan yang mewajibkan kendaraan dari arah utara menuju selatan harus berbelok ke kanan melalui jalur lain dan tidak bisa melintas di tanjakan. kata Ia kondisi di jalan itu sempit.

"Jalan yang berada di belokan kanan untuk jalur kendaraan dari arah utara menuju selatan itu sempit dan memiliki lubang. Kalau kita paksa belok kanan tetap mobil akan terbalik. Karena ada lubang di belokan kanan," ujarnya.

Ivan bilang, sebelum menaiki tanjakan, dirinya telah berkoordinasi dengan salah satu petugas Dinas Perhubungan untuk melewati jalan tanjakan. Sesampainya di tanjakan, mobil kehilangan daya dan mati mesin.

"Akhirnya mobil langsung terguling ke belakang hingga tergelincir dan terbalik," katanya.

Selain itu Ivan mengaku bahwa muatan pada mobil truk tersebut juga melebihi kapasitas.

"Muatan ini juga terlalu banyak dan melebihi kapasitas," akunya.

Sementara, Sekretaris UPT Dishub, Ahlis mengatakan, pihaknya telah melarang mobil yang melintas dari arah utara ke selatan menerobos tanda larangan menaiki tanjakan.

Hanya saja, menurut pengakuan sopir truk itu, ada lubang di jalan belokan sehingga mobil tidak bisa melintas melewati belokan tersebut. Jika dipaksakan maka mobil tetap akan terbalik.

"Akhirnya truk itu diperbolehkan melintas lurus menaiki tanjakan, tapi petugas kami sudah sterilkan kendaraan di atas tanjakan. Tapi sampai di tanjakan, mobil tidak mampu naik dan mesin juga mati akhirnya mobil terbalik," kata Ahlis.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini