PDIP Tikep Sukses Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Editor: Admin author photo
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Utara, Muhammad Sinen mengikuti simulasi penanganan bencana daerah (foto:Aidar Salasa)

TIDORE- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kota Tidore Kepulauan bersama Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan menggelar Simulasi penanganan bencana gempa bumi berpotensi tsunami di Kota Tidore Kepulauan. 

Sementara tema yang diusung pada kegiatan simulasi bencana ini, yakni Siap untuk Selamat, Kita jaga Alam, Alam jaga kita,” yang berlangsung di open space Kelurahan Tomagoba, Kota Tidore Kepulauan, Rabu (26/5).

Kegiatan simulasi penanganan bencana tersebut telah dihadiri Ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Maluku Utara, Muhammad Sinen. 

Kepada wartawan Muhammad Sinen mengatakan, simulasi penanganan bencana dilaksanakan ini merupakan instruksi langsung dari DPP PDI Perjuangan kepada seluruh DPD dan DPC di seluruh Indonesia untuk dilakukan mengingat akhir-akhir ini Indonesia sering dilanda bencana alam. 

Perintah DPP PDI Perjuangan itu tertuang dalam Surat Instruksi Nomor: 2898/IN/DPP/V/2021 yang ditujukan kepada DPD dan DPC PDI Perjuangan, Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kader PDI Perjuangan  Se-Indonesia. 

“ Simulasi tersebut melibatkan instansi terkait, struktur partai, masyarakat desa sadar bencana dan desa siaga bencana,” tuturnya.

Dikatakan Muhammad Sinen, simulasi bencana ini menunjukkan bahwa  PDI Perjuangan selalu hadir untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Apalagi Kota Tidore Kepulauan juga merupakan daerah yang rawan bencana seperti potensi Tsunami, abrasi dan banjir bandang.

“ Potensi bencana ini menjadi perhatian serius PDI Perjuangan di Maluku Utara dan seluruh DPC Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Simulasi bencana tersebut bertujuan agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana antisipasi terjadinya bencana. Untuk itu PDI Perjuangan yang merupakan bagian dari pemerintah selalu hadir untuk masyarakat.

“Jadi kepala dan wakil kepala daerah yang merupakan kader PDI punya tanggung jawab yang sama memberikan pemahaman ini kepada masyarakat agar bisa waspada,” kata Muhammad Sinen.

Turut hadir dalam simulasi tersebut, Wali Kota, Capt. H. Ali Ibharim, Wakil Wali Kota, Muhammad Sinen, Ketua DPC PDIP Tikep, Ahmad Laiman, Pengurus DPC PDIP Kota Tikep, Kepala BPBD Kota Tikep, Tagana Tidore,Tim Medis RSD Tidore dan Satpol PP.  (Dar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini