Pemdes Toseho Gelar Pelatihan SDGs

Editor: Admin author photo

Relawan bersama Tenaga Ahli Kemendes dan Kades Toseho Saat Foto Bersama (foto ;ist) 

Tidore, - Pemerintah Desa Toseho, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepuluan kembali melakukan pelatihan pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) berbasis aplikasi yang dipusatkan di mantor desa Toseho. Rabu (05/05/21). 

Kepala Desa Toseho, Taufik Halil mengatakan kegiatan ini dalam rangka desa mengukur capaian suatu desa. 

"Untuk mengukur capaian, dalam hal ini pemerintah melalui kementerian desa terkait serapan dana desa dari Tahun 2015 sampai 2021," sebutnya. 

Lanjut Taufik mengatakan kegiatan ini akan mampu mencapai menyelesaikan problem mendasar di Desa.

"Kementerian butuh kita menampilkan data yang mendetail, By name, by address, personal, di masing masing desa," sambung Taufik. 

Dia bilang jika semua terdata dengan baik, maka kementerian desa akan mengetahui problem mendasar di desa. 

"Dengan adanya pendataan SPDGs, nanti desa akan tahu jadi prioritas dan bisa menjadi referensi dan jawab permasalahan yang menjadi fundamental dan mendasar di desa," tatarnya. 

Lebih lanjut Taufik mengatakan ia membentuk tim sesuai dengan edaran kemendes dan mengeluarkan SK kepada relawan dan di biaya oleh DD sesuai dengan kebutuhan desa. 

"Untuk desa Toseho 17 orang, harapan kami dari kegiatan ini adalah objektivitas data, dan bisa memberikan pemerintah gambaran bagaimana menentukan arah pembangunan desa ke depan serta menghindari margin eror," pungkasnya. 

"Semoga kegiatan ini menjadi nilai ibadah," tutup Taufik. (Red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini