Rusak Parah, Kantor Camat Oba Utara Butuh Perhatian Pemkot Tikep

Editor: Admin author photo
Salah satu ruangan kantor Camat Oba Utara (dok.Aidar/NT)

TIDORE - Meski berada di pusat Pemerintahan ibu Kota Provinsi Maluku Utara, Kantor Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) sangat memperhatinkan. 

Pasalnya kondisi bangunan kantor tersebut telah banyak mengalami kerusakan dan terlihat kumuh. Hal ini membuat pegawai setempat tak nyaman saat berkantor.
Kepala Kecamatan Oba Utara, Saifudin Gamtohe mengaku, kantor Camat tersebut dibangun sejak tahun 1996 pada masa Pemerintahan Kabupaten Halmahera Tengah. 

"Dan untuk saat ini bangunannya sudah banyak mengalami keretakan pada sebagian besar ruangan akibat tergerus zaman" tuturnya.

Bahkan menurutnya pada sisi bangunan utama, atapnya sudah hampir seratus persen mengalami kebocoran dan penuh karatan. Saat terjadi hujan, rungan kantor tersebut pasti tergenang air.

"Bangunan ini belum juga direhap padahal sudah sejak  tahun 1996," jelasnya saat dikonfirmasi usai melakukan Buka Puasa bersama dengan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen di Kantor Camat Oba Utara, Jumat, (7/5/21).

Saifudin menjelaskan, rehabilitasi pembangunan Kantor Camat itu sudah menjadi skala prioritas Kecamatan untuk diusulkan dalam setiap tahun berjalan. Kata ia usulan itu telah dilakukan dengan berbagai cara baik melalui musrembang sampai pada pendekatan politik ke DPRD Kota Tikep. Bahkan melalui rekomendasi tertulis ke DPRD, Pemkot dan Bapelitbang mulai pemerintahan sebelumnya yang dijabat oleh pak Ahmad Mahifa sampai sekarang, dan hasilnya belum juga ditindaklanjuti.

"Usulan mengenai rehabitilasi Kantor Camat ini semenjak saya masih jadi Sekertaris Kecamatan. Dan ketika pada tahun 2018 Saya menjabat sebagai Kepala Kecamatan selama tiga tahun terakhir ini sudah sering kami usulkan. tapi belum juga ditindaklanjuti," ujarnya.

Ia berharap di tahun 2022 mendatang, Pemerintah Daerah dapat mengakomodir usulan Rehabilitasi Pembangunan Kantor Camat Oba Utara tersebut. Meski begitu ia mengaku di tahun 2021 sempat diakomdir dan ditunda kembali.

"Sebenarnya ditahun 2021 itu sudah diakomodir, namun dipangkas karena adanya Covid, dan kami memaklumi itu. jadi kami berharap di tahun 2022, itu sudah bisa direhab," tambahnya.

Melihat kondisi Bangunan Kantor Camat Oba Utara itu membuat salah satu tokoh masyarakat di wilayah tersebut mengkritisi perhatian Pemerintah Daerah Kota Tikep.

Adalah Idham Sabtu, ia mengatakan Kantor Camat Oba Utara merupakan central pelayanan bagi masyarakat sehingga perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah, apalagi posisi atau letak Kantor berada di pusat Pemerintahan Ibu Kota Provinsi.

"Pemerintah Daerah sudah harus merenovasi kembali bangunan kantor camat Oba Utara, biar tidak lagi kelihatan kumuh. Karena Camat juga melaksanakan sebagian urusan Pemerintah Daerah setelah mendapatkan pelimpahan kewenangan dari Walikota. Jadi Pemerintah Daerah Kota Tikep tidak boleh menutup mata karena ini juga menyangkut marwah Pemerintah Daerah," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen angkat bicara, ia memastikan bahwa pembangunan Kantor Camat Oba Utara itu sudah akan direalisasi pada tahun 2022. 

Bahkan tak hanya itu, ia bilang, selain Kantor Camat Oba Utara, juga terdapat Kantor Puskesmas Galala yang juga menjadi Perhatian Pemkot Tikep.

Orang nomor dua di Tidore itu menyatakan, akan memerintahkan kepada Badan Penilitan dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Tikep, agar segera menindaklanjuti usulan yang telah disampaikan oleh Kecamatan Oba Utara.

"Insya Allah di tahun 2022 kantor camat Oba Utara ini sudah bisa direhab, karena usulannya juga sudah masuk dalam program yang direncanakan pada tahun 2022. Selain soal Kantor Camat, Kantor Puskesmas Galala juga akan menjadi perhatian serius dari Pemerintah Daerah untuk dilengkapi fasilitasnya Demi terciptanya pelayanan masyarakat yang baik," tegas lelaki yang juga merupakan Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku Utara ini.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini