108 Peserta Bakal Calon Kades di Halteng Mengikuti Uji Kompetensi

Editor: Admin author photo

 

108 Balon Cakades saat mengikuti uji kompetensi (dok.Takdir/NT)

WEDA - Sebanyak 108 peserta bakal calon kepala Desa dari 32 Desa di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) mengikuti uji kompetensi, Senin 7 Juni 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Halteng, Rivani Abd. Radjak mengatakan, uji kompetensi tersebut bertujuan menilai standar pengetahuan masing-masing bakal calon pada pemilihan kepala desa seretak 2021

“Sehingga para kontestan memiliki kualifikasi yang mumpuni untuk selanjutnya mengikuti pesta demokrasi di tingkat desa,” Ujar Rivani.

108 Peserta dalam kegiatan ini kata Rivani, terdiri dari 106 laki-laki dan 2 perempuan. Sementara tingkat pendidikan para peserta masing-masing  dari 22 0rang berijazah SMP 22, 54 orang SLTA, 3 orang diploma III 3 dan Ijazah sarjana 27 orang.

Sedangkan untuk pengalaman kerja para peserta, lanjut Rivani, itu terdiri dari PNS sebanyak 20 orang, mantan kepala desa 14 orang, perangkat desa lainnya 10 orang.

“Dan usia peserta ini, 50 tahun sebanyak 32 orang dan dibawah 50 tahun sebanyak 74 orang,” tandasnya. 

Sebagai informasi, materi dalam uji kompentensi tersebut terdiri dari pancasila, UUD 1945, pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, pembangunan desa, pemberdayaan dan pembinaan masyarkat desa serta visi misi kepal daerah. Dengan metode uji kompetensi secara tertulis dan lisan yakni pemaparan visi-misi dan wawancara.

Sementara tim penguji terdiri dari pejabat struktural yang diketuai oleh Sekretaris Daerah dengan anggota  Asisten satu, Staf ahli bidang hukum dan pemerintahan, Inspektur, Kepala Dinas PMD, Kepala Bappelitbangda, Kasatpol PP, Kepala Kesbangpol, kabag hukum dan HAM, kabag pemerintahan, Sekertris dinas PMD dan sekretaris DPKAD.

Penulis : Takdir Talib
Editor    : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini