Aktivitas Penambangan di Kusubibi Sementara Dihentikan

Editor: Admin author photo

 

Pertemuan Kapolsek bersama Camat Bacan Barat menemui Kepala Desa Kusubibi. (Dok: Adi)

HALSEL- Camat dan Kapolsek Bacan Barat melakukan kunjungan di Desa Kusubibi terkait dengan Surat Edaran dan Instruksi Bupati Halmahera Selatan Hi Usman Sidik, untuk disampaikan kepada penambang, pengusaha tromol dan pengusaha tong yang ada di tambang Kusubibi.

“ Agenda saya  dengan pak camat beserta jajarannya hari ini  di desa kusubibi  untuk menghimbau kepada penambang , pengusaha tromol dan pengusaha tong harus menghentikan kegiatan selama satu minggu sesuai edaran bapak Bupati Halsel,” ungkap Kapolsek Bacan Barat, Ipda Hasan kepada wartawan, Selasa 15 Juni 2021.

Kapolsek menambahkan, apa yang disampaikan Bupati Halsel kita harus mengikuti sesuai aturan dan perintah sehingga tambang kusubibi di tata dengan baik oleh Pemerintah Daerah agar berjalan dengan lancar.

“ Harapan saya mari kita sama-sama menjaga amanah yang disampaikan  oleh Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik agar supaya secepatnya menjadi tambang rakyat,” kata Kapolsek.

Di sisi lain Camat Bacan Barat, Mohtar Salim mengatakan, bahwa edaran Bupati Halsel harus kita tindak lanjuti  tertanggal  10 Juni 2021  tentang penutupan dan aktivitas penambangan yang ada di desa kusubibi.

Hal itu sudah tindaklanjuti Kepala Desa tertanggal 12 Juni, dan saya sudah lihat surat itu yang dibuat kepala desa untuk  seluruh pengusaha  tromol dan tong agar menghentikan aktivitas pertambangan yang ada di desa Kusubibi.

“ Kemarin saya di telepon pak bupati untuk segera menemui kepala desa kusubibi  menyampaikan amanat pak bupati,  saya langsung berangkat dari Indari menuju kusubibi Alhamdulilah langsung ketemu Kepala Desa,” ungkap Mohtar. 

Setelah itu, pihaknya menemui Kepala Desa Kusubibi Camat Bacan Barat langsung menghubungi Bupati Halsel melalui via telepon. 

“ Alhamdulillah saya selaku Camat Bacan Barat di percayakan untuk turun meninjau dan melihat langsung apa yang telah di edarkan Sekda dalam hal ini Bupati Halmahera Selatan sejauh mana edaran itu di edarkan oleh pemerintah desa untuk pengusaha tromol, tong dan penambang,” sambung Mohtar.

“ Setelah kami turun di lokasi tromol dan tong semua edaran sudah di bagikan kepada pengusaha dan penambang dan aktivitas kegiatan dan pengolahan semua di hentikan total selama satu minggu,” pungkas Camat. (Adi/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini