Aliansi Peduli Hai Sua Kembali Demo Bupati Kepulauan Sula

Editor: Admin author photo

APHS saat berdemo di Kantor Bupati Sula (dok.Suhardi/NT)

SANANA - Aliansi Peduli Hai Sua (APHS) kembali menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Senin, 14 Juni 2021.

Dalam aksi ini,  pendemo mendesak Bupati Kepsul Fifian Adeningsih Mus segera mengembalikan Seketaris Daerah dan beberapa kepala OPD yang sebelumnya telah dimutasikan. Itu Sesuai perintah Pemerintah Provinsi Maluku Utara terkait pencabutan atau menganulir kembali kebijakan tersebut.

Menurut pendemo, kebijakan Bupati Sula terhadap pencopotan dan mutasi 57 PPT Pratama Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintahan Kepsul itu menabrak Peraturan Mendagri.

"Kebijakan Bupati Fifian Adeningsih Mus itu keliru dan seperti menabrak tembok gedung," teriak Ridwan Tidore, orator APHS.

Karena kata Ridwan, dalam pasal 162 ayat 3 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah itu menyebutkan, Gubernur, Bupati atau Walikota yang melakukan pergantian jabatan di lingkungan pemerintah daerah atau kabupaten tersebut dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis Mendagri.

"Namun Bupati Kepsul tidak melakukan itu, makanya kami sampaikan ibu Bupati Fifian Adeningsih Mus keliru, karena tidak paham aturan. Dia hanya kedepankan emosinya" katanya.

Penulis : Suhardi Umagapi
Editor   : Redaksi


Share:
Komentar

Berita Terkini