BPKPAD Malut Dongkrat PAD Melalui Pajak Penggunaan Air Permukaan

Editor: Admin author photo

Kepala BPKPAD Malut, DR. Ahmad Purbaya
SOFIFI-  Langkah Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Provinsi Maluku Utara dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sektor  pendapatan pajak penggunaan air permukaan, patut diberikan apresiasi. 

Terobosan BPKPAD Malut ini yang di nakhodai Ahmad Purbaya mampu mendogkrak PAD dan boleh dibilang membuahkan hasil. Pasalnya BPKPAD bersama Komisi II DPRD Provinsi sudah meninjau perusahan yang menggunakan air permukaan dan hasilnya sudah ada pemasukan di tahun 2020. 

Kendati demikian, saat ini BPKPAD intens melakukan  verifikasi terkait pembayaran, apakah penggunaan air di lapangan sudah sesuai atau tidak.

Karenanya, kata Ahmad Purbaya, tahapan  verifikasi akan dilakukan masing-masing UPTD Samsat dan akan dibantu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara. 

“ Rencana kita akan membentuk tim dan akan dikonsultasikan, apakah upaya tersebut sudah cukup atau kah seperti apa, karena jumlah perusahan di Maluku Utara yang menggunakan air rata-rata sebagian sudah membayar dan sebagian belum,” ujarnya kepada wartawan di Sofifi, Senin (7/6/2021).

Dikatakan Ahmad Purbaya, pihaknya juga akan menggandeng Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk meninjau perusahan sekaligus menghitung berapa debit air yang di gunakan perusahan.

“ Bidang SDA Dinas PUPR bertugas untuk menghitung jumlah debit air yang digunakan pihak perusahan baik itu per jam maupun per hari,” kata Kepala BPKPAD. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini