Bupati Halteng Ikuti Webinar Sosialisasi Permendagri Nomor 7/2021

Editor: Admin author photo
Bupati Edi Langkara saat mengikuti webinar sosialiasi Permendagri Nomor 7 Tahun 2021 didampingi para Asisten dan Staf Ahli. (foto/dir)

WEDA- Bupati Halmahera Tengah (Halteng), Edi Langkara yang juga Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama dewan pengurus lainnya mengikuti webinar sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penghitungan Tarif Retribusi dalam Penyelenggaraan Penanganan Sampah dalam rangka mendukung Tata Kelola Pendanaan Pengelolaan Persampahan Kabupaten dan Kota diruang kantor bupati bukit Loietglas Weda, Rabu (30/6).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh APEKSI bersama APKASI dan sistemik ini dilaksanakan secara  zoom meeting dengan  pembicara dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Bupati Sleman, Walikota Batam dan dari  InsWA. 

Bupati Edi Langkara saat mengikuti webinar menyampaikan bahwa Permendagri Nomor 7 Tahun 2021 adalah tentang Tata Cara Penghitungan Tarif Retribusi dalam Penyelenggaraan Penanganan Sampah merupakan amanat Pasal 29 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang mencakup tarif retribusi berdasarkan jenis, karakteristik dan volume sampah.

Karena dalam permendagri tersebut dimaksudkan untuk menyeimbangkan antara pendapatan retribusi dengan biaya pelayanan persampahan/kebersihan. 

“ Ada gap yang cukup besar antara pendapatan retribusi dengan alokasi belanja untuk penanganan masalah sampah/kebersihan di sebagian daerah,” ujarnya Edi Langkara.

Dia juga mengungkapkan besarnya biaya operasi pengelolaan yang dialokasikan setiap tahunnya membutuhkan upaya strategis baik melalui optimalisasi retribusi maupun  pengembangan konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle)

Untuk itu, Bupati Halteng sangat mendukung Kemendagri dalam menyusun panduan penerapan BLUD dibidang pengelolaan persampahan dengan harapan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menerapkan BLUD dalam pelayanan persampahan/kebersihan di daerah, pungkas Elang sapaan Bupati Halteng.

Turut hadir mendampingi Bupati Edi Langkara dalam webinar yakni Asisten dan Staf Ahli beserta Pimpinan OPD terkait. (dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini