Cegah Corona, Koramil 1509-02/Obi dan Dinkes Halsel Bentuk Posko PPKM

Editor: Admin author photo
Posko PPKM di Desa Baru (istimewa)

HALSEL - Koramil 1509/02 Obi dan Dinas Kesehatan Halmahera Selatan (Halsel) bekerjasama mendirikan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di Desa Baru wilayah setempat. Posko tersebut kini sudah diresmikan Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf Untung Prayitno, Rabu, (16/06/2021).

Pembentukan PPKM tersebut dalam rangka pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Kegiatan serupa rencananya akan dilaksanakan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan.

Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf Untung Prayitno mengungkapkan,  Posko  PPKM tersebut sangat diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19. 

"Posko ini sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, serta dilaksanakan dengan pendekatan komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” ujarnya sesuai rilis yang di terimah Nusantaratimur.com.

Ia menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa itu memiliki empat aspek penting, diantaranya pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. 

Aspek pencegahan menurut Dandim, itu terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Sementara aspek penanganan di implementasikan pada 3T atau Testing, Tracing, dan Treatment. Dan untuk penanganan dampak ekonominya diwujudkan melalui bantuan langsung tunai atau BLT.

“Sementara aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu aspek pendukungnya itu terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” tandasnya.**

Penulis : Adinan Ajud
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini