Halteng Bakal Ada Smart City

Editor: Admin author photo
Bupati Halteng Edi Langkara (Ist:dok) 

WEDA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) salah satu Kabupaten/Kota di Indonesia dalam gerakan menuju 100 Smart City.

Pasalnya, saat ini Pemkab Halteng melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (smart city). Senin (28/6).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hi. Salahuddin Bin Talabuddin dibuka oleh Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara.

Bupati Edi Langkara dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Halmahera Tengah.

Bupati Halteng menyampaikan bahwa Smart City merupakan upaya pemerintah untuk menyelaraskan kebutuhan publik dan layanan pemerintahan satu daerah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai solusi untuk melakukan sesuatu secara cepat.

“ Pemerintah Daerah Halmahera Tengah dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman untuk mencapai sasaran Masterplan Smart City yang Komprehensif dan Aplikatif, serta Implementasi dokumen Masterplan Smart City Jangka Pendek (1 tahun), Jangka Menengah (5 tahun) dan Jangka Panjang (10 tahun) di Kabupaten Halmahera Tengah,” Edi Langkara.

Dia menambahkan bahwa tujuan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City adalah untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah yang pada akhirnya mampu mendorong proses pengembangan Smart City yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif.

“ Untuk itu kepada segenap peserta yang akan mengikuti Bimbingan Teknis agar dapat mengikuti dengan tekun dan cermat,” Edi berpesan.

Kepala Dinas Kominfosandi Muh. Ridha Saleh, pada kesempatan itu pula melaporkan waktu pelaksanaan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City akan berlangsung selama dua hari, yakni 28-29 Juni 2021 dengan peserta sebanyak 104 orang yang terdiri dari Dewan Smart City dan Tim Pendamping, Pimpinan OPD serta para Kasubbag yang membidangi Perencanaan serta para Camat dan Stakeholder lainnya, kata Ridha.

Turut hadir dalam kegiatan Dewan Smart City, Tim Pendamping Smart City, Asisten dan Staf Ahli, Seluruh Pimpinan OPD. (dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini