HCW: Instruksi Bupati Halsel Audit 8 OPD Harus Dikawal Ketat

Editor: Admin author photo

 

Direktur HCW Malut Rajak Idrus (dok;ist) 

HALSEL- Direktur Halmahera Corruption Watch (HCW) Maluku Utara (Malut), Rajak Idrus mengatakan instruksi Bupati Halmahera Selatan (Halsel) H. Usman Sidik yang memerintahkan Inspektorat mengaudit Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Halsel adalah sebuah terobosan untuk menciptakan Pemerintahan yang bersih (Good Governance).

Kendati demikian, dalam catatan HCW kinerja tidak pernah sukses mengaudit semua OPD maupun Dana Desa di Halmahera Selatan.

Karena sejauh ini ketika audit internal tidak pernah di ekspos hasilnya dan terkesan ditutupi semua pemeriksaan yang berhubungan dengan keuangan daerah.

“ Ketika polisi atau jaksa melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga ada gelar perkara, namun rata-rata dugaan kasus korupsi tidak jalan disebabkan terkendala dengan hasil audit,” ungkap Rajak Idrus kepada wartawan di Ternate, Jumat (4/6).

Karenanya, kata Rajak Idrus, apa disampaikan Bupati Halsel disarankan perlu di kontrol dan dikawal hingga ke lapangan jangan sampai instruksi seorang kepala daerah untuk menciptakan pemerintahan yang bersih hanya slogan yang berapi-api, namun tidak berdampak.

“ Kami HCW justru tantang Inspektorat untuk audit 8 OPD yang menjadi pantauan HCW diantaranya BPBD, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Disnakertrans, Dinas Sosial dan Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan dan Perikanan,” ungkap Rajak Idrus.

Kemudian yang menjadi catatan khusus HCW terdapat banyak kejanggalan dalam pekerjaan fisik maupun non fisik.

“ Kami kantongi beberapa dokumen atau bukti lain untuk 8 Dinas tersebut, hanya saja terkendala dengan hasil audit, sehingga tidak bisa dilaporkan atau tidak bisa diproses. kalau itu d laporkan tetap sia-sia saja,” tukasnya.

Lebih lanjut Rajak Idrus mengatakan, untuk saat ini HCW tetap memantau dan terus mengikuti perkembangan atas kinerja Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan.

“ Yang pasti HCW sudah punya resume terhadap 8 Dinas dimaksud. Nah sekarang tinggal keseriusan bupati saja karena ini bagian untuk menguji independensi Inspektorat sebagai lembaga audit internal di Pemkab Halsel dan kita tunggu hasilnya seperti apa,” kata Rajak. (Adi/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini