In Memoriam Prof Mochtar Kusumaatmadja, Selamat Jalan, Konseptor Negara Kepulauan

Editor: Admin author photo


Oleh

 DR. MUKHTAR A. ADAM

DOSEN UNKHAIR TERNATE

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Nusantaratimur.com-Indonesia kembali kehilangan putra terbaik, yang masa pengabdiannya sebagai Menteri Luar Negeri, akademisi UNPAD yang cemerlang mengagas konsep negara kepulauan, dan konsep Nusantara yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam rumusan UNCLOS 82.

Gubernur Maluku Karel pada tahun 2003 mengagas Provinsi Kepulauan, dasar pikir sederhana gugatan atas PP 55/2005 Yang menetapkan alokasi DAU hanya dihitung berdasarkan luas daratan, yang oleh provinsi dengan luas laut lebih besar dari luas daratan merasa dirugikan. Karena itu 7 Provinsi yg tergabung dalam provinsi kepulauan merumuskan deklarasi perjuangan di Ambon, yg sampai saat ini masih tarik menarik terkait daerah kepulauan.

Saya berkesempatan menjadi tim asistensi Provinsi kepulauan yang turut serta merumuskan formula DAU Bintan Bangka Belitung yang ditanda tangani 7 Gubernur, dan menjadi momentum perjuangan bersama 7 Provinsi.

Dalam kesempatan study Doktor di UNPAD Bandung, berkesempatan berdiskusi dengan Prof Mochtar Kusumaatmadja, terkait konsep negara kepulauan, dan filosofi negara kepulauan pada masa perjuangan Prof Mochtar Kusumaatmadja, gagasan terkait model pembangunan gugus pulau, yang menjadi ide dasar dari Poros Maritim diulas dengan sangat baik, dan setidaknya memperkuat naskah kesepakatan Kupang-NTT yang turut mewarnai gagasan Prof Mochtar Kusumaatmadja.

Prof Mochtar Kusumaatmadja layak di perjuangkan sebagai pahlawan kepulauan, yang memiliki gagasan negara kepulauan dalam kesatuan Nusantara dan memperluas cakupan wilayah Indonesia, konsistensi dan perjuangan Prof Mochtar setidaknya terwarisi dalam semangat Perjuangan Putri Prof Mochtar Kusumaatmadja, yaitu Prof Armida Alisjahbana, yang juga mantan Menteri Bappenas dimasa pemerintahan SBY.

Gagasan model pembangunan gugus pulau, dalam pengembangan ekonomi regional saya banyak belajar dari Prof Armida Alisjahbana, baik dalam sisi fiskal, makro ekonomi dan regional ekonomi berdasarkan gugus pulau.

Selamat jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja, Pahlawan Negara Kepulauan, titipan gagasan dan pikiran kebangsaan dalam negara kesatuan dan wawasan Nusantara akan selalu menjadi ibadah yang tak hentinya anak2 bangsa mengirimkan Al-fatihah bagi Prof Mochtar Kusumaatmadja moga Husnul khatimah Aaamiiin YRA

Share:
Komentar

Berita Terkini