Ketua BPD Wainib Desak Bupati Kepsul Segera Melantik Arman Duwila Sebagai Kades Terpilih

Editor: Admin author photo
Amirudin Umagapi Ketua BPD Wainib (dok.Suhardi/NT)

SANANA - Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wainib, Kecamatan Sulabesi Selatan Amirudin Umagapi mendesak Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes segera melantik Arman Duwila sebagai Kepala Desa (Kades) Wainib.

"Arman Duwila adalah pemenang di Pilkades Wainib pada, Kamis (29/4/2021) lalu, kemudian kita sudah pleno penetapan," jelasnya kepada Nusantaratimur.com, Senin, (31/5/2021). 

Amirudin memaparkan, setelah perhitungan suara sampai pada pleno penetapan di Desa Wainib Arman Duwila adalah pemenangnya. Usai pleno penetapan, kata Amirudin, salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) atas nama Andili Duwila tidak menerima kekalahan tersebut. Sehinga, melayangkan surat keberatan di Panitia Pilkades Kabupaten.

Besoknya, Jumat (30/4/2021) panitia Kabupaten perintahkan secara lisan ke panitia Desa Wainib, agar membawa kotak suara masuk di sekretariat Pilkades Kabupaten yang berlokasi di Desa Waihama. 

"Kotak suara bawa ke sekretariat itu berdasarkan perintah lisan dari panitia Kabupaten, yakni Ketua panitia Kabupaten Aswin Soamole dan Said Losen," terangnya.

Lanjut Amirudin, setelah kota suara tiba di sekretariat panitia Kabupaten baru panitia Pilkades Wainib dan BPD di undang oleh panitia Kabupaten. 

"Saya di undang oleh panitia Kabupaten, pada waktu itu turut hadir ketua panitia Desa Wainib, saksi dari nomor urut 1 dan saksi dari Cakades nomor urut 3, sedangkan saksi dari Arman Duwila tidak hadir," sambungnya.

Setelah dirinya tiba di sekretariat, kotak suara Desa Wainib digeser ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Tiba, di Kantor Kesbangpol Ketua Panitia Kabupaten Aswin Soamole dan Said Losen memaksakan untuk membongkr kotak suara, akan tetapi dirinya menolak. 

"Saat mau buka kotak suara saya (Amirudin red) menolak untuk membongkar kotak suara, karena saksi-saksi dari seluruh Cakades belum hadir semua, salah satunya saksi dari Arman Duwila," pungkasnya.

Sekedar informasi, Pilkades Wainib digelar pada, Kamis (29/4/2021) lalu. Pada pemilihan tersebut Arman Duwila keluar sebagai pemenang dengan perolehan 157 suara. Sedangkan, Andili Duwila 138 suara, Sahril Soamole 106 suara dan Rusli Umagapi 26 suara. 

Penulis : Suhardi Umagapi
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini