Lanal Ternate dan Dinkes Gelar Vaksinasi di Pulau Maitara

Editor: Admin author photo

 

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim bersama Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin, Dandim 1505/Tidore dan Kapolsek Tidore Utara (Foto:Aidar)

TIDORE- Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara dijadikan sebagai kampung bahari nusantara dibawa binaan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate dalam rangka mewujudkan 5 klaster utama yakni Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan. Lanal Ternate bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan melaksanakan seruan vaksin Covid-19 yang dipusatkan di Desa Maitara Tengah, Selasa (29/6/2021).

Dalam kesempatan itu Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim meninjau langsung kegiatan vaksin sekaligus menyapa masyarakat saat menjalani vaksin. 

“  Atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan terima kasih kepada danlanal dan jajaran yang telah memilih maitara untuk dilakukan vaksinasi,”ungkap Wali Kota Tikep.

Ali Ibrahim juga mengingatkan masyarakat tidak boleh takut divaksin, vaksin itu baik untuk kekebalan tubuh. Untuk itu hindari berita hoax dan tetap patuhi protokol kesehatan dengan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Orang nomor satu di Kota Tikep ini  juga menegaskan bahwa dirinya juga sudah menjalani vaksinasi tahap pertama dan kedua begitu juga dengan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen juga sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Tak hanya itu, sebagian ASN di lingkup Pemkot Tikep sudah sebagian besar melakukan vaksinasi tahap pertama sedangkan pada tahap kedua nanti akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang, ujar Ali. 

Dikatakan Wali Kota bahwa untuk mendukung program vaksinasi massal yang dilaksanakan Lanal Ternate. Ia sebelumnya telah menginstruksikan kepada kepala dinas kesehatan serta dokter di sejumlah puskesmas untuk ikut ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan vaksin tersebut. 

“ Dengan adanya kegiatan vaksin massal seperti ini tentu saya berharap kepada masyarakat khususnya di pulau Maitara agar bisa untuk divaksin,”kata Walikota.

Komandan Pangkalan TNI-AL Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin mengatakan, pelaksanaan vaksin maritim di Pulau Maitara, mengingat pulau-pulau kecil masih belum dilakukan vaksinasi, karena pemberian vaksin yang kita lihat masih terfokus di kota saja, sementara dipulau-pulau masih belum dan hampir tidak sama sekali. 

Selain di pulau terpencil, masyarakat yang kesehariannya sebagai pekerja di sejumlah kapal ikan juga belum divaksin. Untuk itu langkah ini sebagai jemput bola  melakukan vaksinasi untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“ Mereka yang bekerja di kapal ikan mungkin karena sibuk dan belum ikut vaksinasi di kota, makanya kita jemput bola sehingga bisa teratasi,” ungkap Danlanal.

Dengan dilaksanakannya serbuan vaksin maritim yang dilakukan ini. Danlanal Ternate  berharap agar seluruh warga masyarakat pesisir bisa semakin kuat dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan tentunya terhindar dari virus Covid-19.

Selain vaksin ini juga kata Komaruddin, pihaknya juga telah menyediakan 220 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat pulau maitara jika usai divaksin tentu dengan adanya vaksin massal seperti ini. 

“ Saya berharap masyarakat pesisir bisa lebih aman dan Indonesia bisa bangkit dari Covid-19,” pungkasnya.

Perlu diketahui juga bahwa kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Danlanal Ternate ini menargetkan sebanyak 200 orang se- Pulau Maitara. (Aidar/Red)


Share:
Komentar

Berita Terkini