Resahkan Warga, Kadis DLH Tikep Panggil Bos Galian C

Editor: Admin author photo
Jalan masuk aktifitas penambangan galian C di lingkungan Akesaragi, kelurahan Bobo (dik.Aidar/NT)

TIDORE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tidore Kepulauan akhirnya memanggil "Bos" dari pemilik Galian C yang beroprasi di perbatasan Kelurahan Toloa dan Bobo. 

Pemanggilan itu dilakukan atas aduan warga setempat. Warga diketahui mengadukan terkait pencemaran lingkungan atau banjir saat hujan deras. Itu akibat aktifitas penambangan galian C di wilayah tersebut. 

"Dalam dua hari kemarin, kami menerima aduan masyarakat  bahwa adanya jalan masuk galian C di lingkungan Akesaragi, Kelurahan Bobo, sering terjadi banjir kala hujan deras. Dengan begitu tim aduan langsung bergerak cepat turun dan pantau langsung ke lokasi tersebut. Ternyata ada banyak hal yang tidak beres," ujar Kadis DLH Tikep Muhammad Sjarif saat dikonfirmasi Nusantaratimur.com, Rabu 9 Juni 2021.

Atas dasar itu, Muhammad Sjarif mengaku pihaknya langsung memanggil pemilik usaha Galian C tersebut.

 "Dan saya sudah komitmen dengan pemilik usaha yang di ketahui bernama Abdullah untuk melakukan pengelolaan di lokasi tersebut agar tidak lagi berdampak terhadap rumah warga dan aktifitas jalan umum. Dan mereka juga sepakat dengan komitmen tersebut," ujarnya.

Selain itu kata Sjarif, pemilik usaha juga mengaku sudah mengantongi izin usaha. Meski begitu, DLH masih akan mematikan kebenaran dokumen izin usaha galian C tersebut.

"Kemarin saya mengarahkan pemiliknya untuk ketemu di kantor  sekaligus membawa dokumen izin usaha namun tidak hadir. Dan  kalau izin nya sudah itu lebih baik, namun jika belum mengantongi izin maka kami mengarahkan yang bersangkutan agar segera membuat izin usaha," katanya.

"Dan itu saya berikan waktu kepada mereka selama tiga hari terhitung mulai dari 9 Juni sampai 11 Juni 2021, ketika hal tersebut tidak di indahkan maka kami dari DLH mengambil sikap dengan melakukan teguran secara tertulis," tandasnya.

Penulis : Aidar Salasa
Editot   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini