Soal Bencana di Tikep, Pemkot Gerak Cepat

Editor: Admin author photo
Kepala Pelaksana BPBD Kota Tikep, Abdurrahim Achmad (dok:ist) 


TIDORE -
Komitmen Walikota Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen untuk melakukan pelayanan baik terhadap masyarakat, benar-benar ditunjukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan. 

Hal itu dibuktikan melalui tindakan cepat BPBD Kota Tikep dalam mengatasi persoalan bencana yang menimpa rumah warga beberapa hari lalu, akibat bencana angin puting beliung dan kebakaran. 

"Saat ini sudah ada tujuh rumah yang kita salurkan bantuan dalam bentuk uang tunai. Untuk nilainya sendiri itu bervariasi berdasarkan kerugian yang dialami," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Tikep, Abdurrahim Achmad, di ruang kerjanya, Selasa (15/5/21)

Ia mengatakan pihaknya menghitung kerugian yang dialami, kemudian dimasukan ke bagian keuangan untuk ditetapkan berdasarkan SK Walikota, setelah itu diberikan uangnya dan di serahkan ke pihak korban. 

"Tujuh rumah yang sudah mendapat bantuan dari BPBD itu, diantaranya di Kelurahan Gurabunga dan Tuguwaji Kecamatan Tidore, Kelurahan Toloa dan Dokiri Kecamatan Tidore Selatan, dan Satu Sekolah di Desa Bukit Durian Kecamatan Oba Utara," sebutnya. 

Lanjut ia mengatakan, ada juga 8 rumah warga lainnya yang menerima bantua namun masih di proses melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), sehingga pihaknya tinggal menunggu pencairan untuk diserahkan kepada pihak Korban. 

"8 rumah itu diantaranya 1 Rumah di Kelurahan Tosa Kecamatan Tidore Timur, 5 Rumah di Kecamatan Tidore, terdiri dari 2 Rumah di Kelurahan Indonesiana, 1 Rumah di Kelurahan Tambula, 1 Rumah di Kelurahan Soasio, 1 Rumah di Kelurahan Tuguwaji ditambah 2 Rumah yang berada di daratan Oba," sebut Abdurahim lagi. 

"Menyusul 1 Rumah dari Desa Maregam karena kebakaran yang baru kami terima laporannya, ditambah lagi dengan 2 Rumah di Sofifi dan 2 Rumah lagi di Kecamatan Oba Tengah yang saat ini sementara di proses," sambunya. 

Ia memastikan bahwa terkait degan pelayanan darurat terhadap masyarakat terdampak bencana dan, telah menjadi komitmennya untuk segera dituntaskan. Sehingga ia berharap adanya kerjasama yang baik dari masyarakat maupun pemerintah Desa atau Kelurahan dalam memberikan informasi atau laporan kepada BPBD untuk ditindaklanjuti. 

"Apabila ada pengaduan atau laporan dari masyarakat yang masuk ke kami, maka kami langsung menindaklanjuti," tutupnya. (Red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini