Tiga OPD Pemkot Tikep Gabung Jurus Atasi Banjir Taburo

Editor: Admin author photo

 

Kepala BPBD Pemkot Tikep, Abdurrahman Achmad

TIDORE- Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD)dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep) masing-masing  adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) gabung jurus untuk menangani masalah banjir yang kerap menerpa Dusun Toburo, Desa Aketobatu Kecamatan Oba Tengah. Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tikep, Abdurrahman Achmad mengatakan, setelah ketiga instansi ini melakukan survei belum lama ini.  Selanjutnya akan dilakukan penggarukan sepanjang 5 Kilo meter, bila proses penggarukan itu kemudian terdapat lahan warga maka akan dilakukan pembebasan lahan oleh Pemkot Tikep melalui Disperkimtan. 

“ Aliran sungai di dusun itu berbentuk spiral sehingga harus dilakukan penggarukan, selain itu kami juga akan membuat penahan air di beberapa titik dengan menggunakan batang kelapa untuk sementara, agar air tidak lagi meluap keluar. Batang kelapa ini digunakan karena darurat,” kata Abdurrahman Achmad kepada wartawan, Selasa 15 Juni 2021.

Abdurrahman menyebut bahwa sumber banjir di Dusun Toburo disebabkan adanya longsor di belakang Dusun Toburo yang jaraknya kurang lebih sekitar 3 Kilo Meter. Nah, untuk menuntaskan masalah tersebut, Disperkimtan Kota Tikep akan berkoordinasi dengan pihak Balai agar dapat diselesaikan degan menggunakan beton. 

"Sebenarnya terkait banjir di Toburo ini pada tahun 2019, kami sudah memprogramkan anggarannya melalui dana Hibah. Hanya saja, ketika pihak tim verifikasi dari pemerintah pusat turun melakukan uji petik, terdapat salah satu pemilik lahan yang tidak mengakui di lokasi itu rawan banjir, sehingga kegiatannya langsung di hapus. Namun saat ini, anak dan keluarga dari pemilik lahan tersebut juga bersedia untuk dilakukan pembebasan lahan. Sehingga masalah ini akan kami selesaikan di tahun ini," tandasnya.

Penulis  : Aidar Salasa

Editor    : Redaksi


Share:
Komentar

Berita Terkini