Baru 6 Bulan Diresmikan Plafon Gedung Plaza Gamalama Sudah Ambruk, Ini Reaksi HCW Malut

Editor: Admin author photo
Plafon lantai I gedung Plaza Gamalama Abruk (dok.NT)

TERNATE - Plafon lantai I gedung Plaza Gamalama Ternate ambruk. Padahal bangunan megah yang terletak di pusat Kota itu baru diresmikan mantan Wali Kota Ternate, Burhan Aburahman, pada, 15 Februari 2021 lalu. Meski begitu gedung ini belum berpenghuni.

Pertiwa ini terjadi pada Minggu pagi, 4 Juli 2021. Plafon yang ambruk itu berada sisi bagian Utara, penyebab insiden ini belum diketahi pasti. Beruntung kejadian ini tidak memakan korban.

Masri, salah satu warga setempat mengaku, perstiwa itu terjadi sekitar pukul 11.40 WIT. Itu diketahui setelah mendengar suara ambruk dari dalam gedung tersebut.

"Tiba-tiba kami mendengar suara ambruk, lalu kami cek ke gedung Praza, ternyata plafonya sudah berserakan di lantai I tetapnya di loby gedung," ujarnya begitu disambangi Nusantaratimur.com.

Direktur Halmaheta Corruption Watch (HCW) Maluku Utara, Rajak Idrus menyatakan, perstiwa ambruknya plafon gedung megah tersebut diduga kuat karena dikerjakan secara asal-asalan. 

"Ini gagal konstruksi karena di kerjakan asal jadi. Dan kualitas matrial palfon yang di gunakan itu juga patut di pertanyakan," katanya begitu hubungi, Minggu siang.

Pria yang akrab disapa Bung Jhek ini meminta, Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Polda Maluku Utara segera mengambil langka cepat menulusuri dugaan permainan atau kong-kalikong di balik proyek raksasa tersebut.

"Masa baru di resmikan kurang lebih 6 bulan sudah rusak. Ini kan aneh. Kami juga bakal laporkan pihak kontraktor dan Dinas terkait ke penegak hukum," tandasnya.

Sekedar diketahui, gedung dengan konstruksi 4 lantai itu menelan anggaran senilai Rp. 92,5 milyar yang besumber dari APBD melaui Proyek Multiyears atau tahun jamak 2017. Dengan rincian, tahun pertama dialokasikan senilai Rp.20 Milyar, tahun 2018 Rp.2,5 Milyar dan tahun 2019-2021 senilai Rp.70 miliar.

Hingga berita ini dipublis, kontraktor dan penanggungjawab proyek masih dalam upaya terkonfirmasi. (tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini