Jumlah Pasien Covid Meningkat, Pemkot Tikep Bangun Ruang Tambahan

Editor: Admin author photo

 

Capt. Ali Ibrahim, Wali Kota Tidore Kepulauan

TIDORE- Meningkatnya jumlah pasien Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore  Kepulauan (Tikep) bergerak  cepat untuk membangun ruang perawatan pasien Covid-19 di halaman Rumah Sakit Daerah (RSD) Kota Tidore Kepulauan.

“ Malam ini saya bersikap cepat setelah melakukan koordinasi dengan Sekda, BPBD, Rumah Sakit, Kodim 1505/Tidore dan Polres Tikep. Untuk memutuskan membangun ruang tambahan di halaman belakang RSU Tidore untuk penampungan penanganan pasien Covid-19 di Kota Tidore yang terus meningkat,” ungkap Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim, kepada sejumlah kartawan, Jumat (16/7) kemarin.

Wali Kota mengatakan, pembangunan tambahan ruang covid darurat ini, kerja sama dengan pihak Kodim, Polres bersama BPBD untuk mendirikan tenda platon dan tenda keluarga dilengkapi felbet atau tempat tidur. Sebab ruang isolasi RSU Tidore Kepulauan kini telah penuhi.

“ Kita akan bangun puluhan unit tenda platon dan keluarga untuk pasien covid, jika ruangan tidak lagi menampung, begitu juga ruang kelas II akan dipakai," kata Ali Ibrahim.

Dikatakan Ali Ibrahim bahwa penanganan ruang perawatan pasien covid penting dilakukan sekarang, sebab pada sore ini terdapat penambahan 12 kasus warga terpapar Covid-19, sehingga jumlah pasien meningkat, belum lagi dari 76 tenaga medis yang menangani covid 6 orang kini positif dan mereka seluruhnya dokter,” bebernya. 

Walikota dua periode ini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menggunakan protap kesehatan dalam setiap aktivitas dan kurangi kerumunan.

“ Untuk para orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya, jika keluar rumah dan larang keras membawa anak-anak ke area rumah sakit” tegasnya.

Secara terpisah Direktur RSD Kota  Tikep, Rizal Maradjabesy menuturkan, penambahan ruang isolasi darurat pasien covid yang rencananya dibangun di halaman RSD. Disebabkan adanya  tambahan  kasus positif 12 orang sehari ini, namun 5 orang telah dikembalikan ke rumah untuk isolasi mandiri sisanya masih dalam perawatan medis, kata Rizal.

Sementara juru bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan,  Saiful Salim memaparkan,  data per hari ini kasus aktif di Kota  Tidore sebanyak 383 kasus,  rawat di RSD 37 orang dan Isoman 346 orang. Sedangkan data kumulatif positif  terakhir 983 sembuh 565 dan meninggal 35 orang,” ulas Saiful singkatnya. (dar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini