Morotai Serambi Pacifik

Editor: Admin author photo

 

Dokumen Istimewa

Om Pala Melanesia

DR. MUKHTAR A. ADAM., SE., Msi. 

Sebuah Catatan Penting Perjalanan Om Pala Melanesia Di Bumi "Moro"

Menyusuri desa-desa di Morotai, bercengkrama dengan masyarakat, banyak hal yang mesti diunggkap, untuk mengejar kecepatan bangun kota oleh Pemda merebut Morotai sebagai KEK, sebagai 10 Destinasi baru, dan Morotai Serambi Pacifik yang akan menyambut banyak tamu Pacifik bernostalgia di pulau surgawi alamnya.

Morotai tidak hanya meninggalkan banyak catatan sejarah gejolak masa lalu, tapi juga meninggalkan banyak Asset nganggur yang tidak dikelola. Bukankah mau menjadi sumber penghasilan, perlu mengerakkan Asset, memproduksi Asset menjadi barang dan jasa, untuk menghasilkan pendapatan masyarakat desa perlu mengerakkan Asset yang memberi penghasilan masyarakat desa ? Jika itu teorinya warga desa di pesisir pantai tinggal menghidupkan mesin-mesin produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. 

Terasa mudah kalau baca teorinya, lembaran halaman demi halaman dari catatan teori yang dibangun dari kerangka logika, namun tak semudah untaian kata membentuk kalimat yang diterima akal untuk meyakini kebenaran teori.

Teori tidak berdiri sendiri, untuk merumuskan solusi, dibangun dari kumpulan teori-teori yang di bumikan dalam satu dinamika tertentu, sehingga bangunan solusi adalah kumpulan bata-bata yang menyatuh dalam konstruksi yang kokoh oleh penghuni yang memotivasi dirinya untuk tumbuh.

Morotai menjadi sumber inspirasi gagasan bangun desa menyerbu kota, mengerahkan Asset dari etos yang tumbuh dari gugatan akan tempo yang belum berirama, Morotai telah memunculkan wajah baru yang berpotensi menumbuhkan enterpreneur baru, dari isian catatan-catatan yang menjadi Asset produktif. 

Morotai berpotensi menjadi kampus merdeka, jika orang-orang kampus mau bermigrasi dari dunia hayalan teori ke dunia nyata, dari ruang kelas ke ruang terbuka yang membumi, dari uji teori ke aplikasi, akan menjadi kolaborasi solusi yang memberi kemaslahatan bersama. 

Morotai pulau berkemajuan yang dibangun dalam kolaborasi teori dan empiris, dari kampus dan desa menjadi satu rebut masa depan.

Daruba, 2 Juli 2021

Share:
Komentar

Berita Terkini