Terkendala DPT dan Surat Suara, Dua Desa di Halteng Tunda Pilkdes

Editor: Admin author photo

Kadis DPMD Halteng Rivani Abd. Rajak (istimewa)

WEDA -  Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades di desa Wale dan Gemaf, Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tenga (Halteng) terpaksa ditunda.

Penundaan Pilkades tersebut disebabkan adanya keselahan pada data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan salah cetak surat suara.

"Untuk Desa Wale, DPT yang terupdate tidak disampaikan secara keseluruhan, sehingga data DPTB juga tidak terupdate di Panitia Kabupaten" ujar kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Halteng, Rivani Abd. Rajak saat di konfirmasi, Selasa, (13/7/2021).

Atas kesalahan itu kata Rivani, sesusi berita acara sebelumnya, terdapat kekurangan surat suara sebanyak 108. 

"Itu yang kemudian harus di pending untuk melakukan pencetakan kembali surat suara," katanya.

Sedangan penundaan Pilkades di Desa Gemaf, Menurut Rivani, dikarenakan adanya kesalahan teknis pada percetakan surat suara.

"Masalahnya ada surat suara yang nomor,  nama dan gambarnya salah dicetak.Jadi sesuai arahan pimpinan agar melakukan pencetakan ulang surat suara," ucapnya 

Ruvani memastikan,penundaan proses Pilkades di dua desa tersebut tidak berlangsung lama.

"Insya Allah besok tanggal 14 atau 15 (Juli) sudah bisa melakukan pemilihan kembali sesuai dengan surat suara yang sudah di cetak," tandasnya.

Sekedar diketahui, Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 di Kabupaten Halmahera Tengah itu di selanggarakan di 32 Desa. Dari jumlah itu hanya dua desa yang yang gelaran Pilkadesnya tertunda. (dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini