Bappeda Malut Akan Monitoring dan Evaluasi Dokumen Perencanaan 10 Kabupaten/Kota

Editor: Admin author photo
Salmin Janidi, Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara

TERNATE- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Utara (Malut) menegaskan akan selalu melakukan monitoring evaluasi terhadap Dokumen Perencanaan Daerah di tingkat Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

“ Tentu kami dari Bappeda Provinsi Maluku Utara punya tugas sekaligus kewajibannya untuk melakukan monitoring evaluasi terhadap dokumen perencanaan daerah kabupaten/kota, ini bagian integrasi dari perencanaan nasional, Provinsi hingga tingkat kabupaten/kota,”  kata Salmin Janidi menghadiri Musrembang RPJMD Kota Ternate, pada Rabu (25/08).

Karenanya, ungkap Salmin Janidi, RPJMD tidak boleh bertentangan dengan RPJMD Provinsi dan RPJMN. 

“  Ini kan dokumen-dokumen penting yang menjadi acuan utama dalam potret kebijakan kepala daerah di lima tahun mendatang,” jelasnya.

Sementara RPJMD di beberapa Kabupaten/Kota masih dalam tahap konsultasi. 

“ Hari kemarin Halsel sudah di Ranwal dan mudah-mudahan tinggal di ikuti tahapan-tahapan sesuai dengan progres yang ada di kabupaten/kota, tetapi hingga saat ini RPJMD untuk 10 Kabupaten/Kota belum ada yang final,” ungkap Salmin.

Khusus untuk Ranwal terdapat dua kabupaten/kota yaitu di Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Halmahera Utara yang belum selesai. Sementara yang lainnya sudah di Ranwal. 

“ Untuk Kota Ternate hari ini sudah masuk pada tahapan Forum,” tuturnya.

Salmin berharap kepada Bapelitbangda Kota Ternate untuk tetap konsisten dengan kerangka penyusunannya dengan melibatkan semua pihak, seperti pihak perguruan tinggi dan pihak adat sesuai dengan programnya Walikota yakni Ternate Andalan.

“ Intinya kita menunggu tahapan selanjutnya, jika sudah selesai dalam jangka waktu dua hari ini akan di sampaikan lagi kepada kami,”.

“ Kami juga memberikan evaluasi terakhir, untuk dapat menjawab usulan dan permintaan yang di sampaikan oleh pemerintah kota Ternate melalui Bapelitbangda," tutupnya (Adi/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini