Jika Terjadi PHK Lagi, KNPI Bakal Turun Aksi

Editor: Admin author photo

 

Muhammad Abubakar, Ketua DPD KNPI Kota Tidore Kepulauan

TIDORE- Pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh PT. Solusi Bersama Sejahtera (SBS) terhadap dua karyawan cleaning service mendapat sorotan dari Ketua DPD KNPI Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar.

Kepada wartawan, Selasa (31/8/2021), Muhammad Abubakar sangat menyayangkan sikap  PT. SBS yang seenaknya memecat kedua karyawan tanpa alasan yang jelas. Bagi Muhammad, keputusan tersebut telah menyalahi ketentuan undang-undang ketenagakerjaan, tegasnya.

Meskipun persoalan ini telah di mediasi kawan-kawan Serikat Pekerjaan Nasional (SPN) Maluku Utara dan mendapat titik terang dari hasil mediasi itu, sehingga besok dua karyawan yang di PHK itu sudah bisa bekerja kembali.

Tetapi, DPD KNPI Kota Tidore Kepulauan, sangat mengharapkan Disnakertrans setempat harus membangun hubungan langsung dengan perusahan yang berada diwilayah hukum Kota Tidore Kepulauan.

“ Kami berharap Disnakertrans Kota Tikep selalu berkomunikasi perusahan PLTU, sehingga apa yang dilakukan PLTU benar-benar terkontrol dengan baik, sebab  hal ini dapat membantu masyarakat Kota Tidore Kepulauan dalam hal menekan angka pengangguran,” ungkapnya.

Di sisi lain, Muhammad juga mengkhawatirkan, bila terjadi pemutusan hubungan kerja terus dilakukan perusahan, tak menutup kemungkinan akan bertambahnya angka pengangguran di Kota Tidore Kepulauan. 

“ Nah, persoalan seperti ini juga menjadi tanggung jawab KNPI Kota Tidore Kepulauan,” tegasnya.

Selain itu, KNPI juga memberi warning. Apabila terjadi PHK terhadap yang bekerja di PLTU. KNPI secara kelembagaan akan membangun konsolidasi seluruh elemen pemuda melakukan aksi turun jalan. 

"Jika terjadi PHK lagi, kami akan turun jalan bersama elemen pemuda menyuarakan hal ini,” tegasnya.

Penulis : Aidar Salasa

Editor    : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini