Lantik MKKS Provinsi, Ini Pesan Kadikbud Malut

Editor: Admin author photo

 

Kadikbud Malut, Drs. Imam Makhdy Hassan beserta jajarannya usai melantik MKKS Provinsi Maluku Utara, Sabtu (28/8/2021).

TERNATE- Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut), Imam Makhdy Hassan, resmi melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Provinsi yang dipusatkan di Royal Resto Sabtu, (28/8/2021).

Imam Makdhy dalam sambutannya mengatakan perkembangan ilmu dan teknologi saat ini begitu cepat. Dunia pendidikan di era ini harus selalu mengikuti perubahan paradigma yang menuntut adanya perubahan dan peran kepala sekolah. 

Meskipun demikian, kepala sekolah hanya melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistis saja, tetapi juga bergerak ke arah desentralistik dan manajemen partisipatif.  

“ Kepala sekolah tidak lagi bekerja individual yang cerdas, tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas,” ujar Kadikbud.

Imam Makhdy juga menegaskan, fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah mengharuskan adanya tuntutan kepala sekolah yang aktif, kreatif dan inovatif. Kepala sekolah juga dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan. 

Untuk itulah, ungkap Kadikbud, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah tingkat provinsi adalah komunitas tempat berkumpulnya sebuah wadah bagi kepala sekolah untuk saling berbagi serta berkoordinasi dan tetap mengikuti perkembangan dunia pendidikan serta mengembangkan keprofesian berkelanjutan. 

“ Forum ini juga merupakan wahana berhimpun, bersosialisasi dan tukar menukar informasi antar sesama kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” tukasnya.

Kadikbud pada kesempatan itu pula berpesan bahwa MKKS ini tidak hanya sekedar dibentuk, tapi yang terpenting adalah bagaimana organisasi dijalankan secara terus menerus untuk mengembangkan kompetensi manajerial, supervisi, kewirausahaan serta kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sehingga dalam konteks  kompetensi tersebut, kepala sekolah diartikan bulatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam wujud perangkat tindakan cerdas dan bertanggungjawab, pungkasnya.

Bustamin Lila, selaku Ketua MKKS Provinsi Maluku Utara dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara yang selalu memberikan support serta meluangkan waktu untuk melantik pengurus MKKS Tingkat Provinsi.

“ Selama dinas pendidikan terbentuk, MKKS belum juga di bentuk. Setelah  pak Imam Makhdy Hassan menjabat Kadikbud baru di bentuk. Terima kasih kepada Kadikbud Malut serta jajarannya,” ucapnya.

Lanjut Bustamin, untuk pengurus MKKS Provinsi ini memang lebih banyak representasi dari Kabupaten/Kota. 

“ Jadi ada ketua dan sekretaris dan wakil dari kabupaten/kota. Nah, beberapa program ini ketika mereka pulang ke daerah masing-masing harus menyampaikan ke anggotanya,” tuturnya.

Bustamin menambahkan, harapan kedepannya kita fokus peningkatan  mutu semua kepala sekolah, memberikan solidaritas kepada KKS dengan GMP serta membangun komitmen yang kuat dengan GMP dalam hal ini guru mata pelajaran untuk menyiapkan kompetensinya.  Agar punya sumber daya yang baik lalau menghasilkan siswa yang berkualitas.

“ Selaku pribadi dan teman-teman KKS kami apresiasi kepala dinas dan jajarannya yang sudah support dan memberikan semangat kepada KKS sehingga hari ini melakukan pelantikan.” 

“ Saya sangat mengapresiasi kepada kadis walaupun banyak tugas, tapi masih bisa menempatkan waktu untuk hadir dan melakukan pelantikan,” tutupnya. (tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini