Lapas Kelas II B Sanana, Usulkan 90 Napi Dapat Remisi 17 Agustus 2021

Editor: Admin author photo

 

Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sanana
SANANA-  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara. Usulkan 90 Narapidana mendapatkan remisi 17 Agustus 2021 atau bertepatan dengan HUT ke-76 Republik Indonesia.

“ Sebanyak 90 narapidana di Lapas Kelas IIB Sanana diusulkan dapat remisi untuk 17 Agustus 2021,”  ucap Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Sanana, Ismail kepada nusantaratimur.com, pada Senin (02/08/2021).

Ismail mengatakan, remisi merupakan hak warga binaan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Jadi untuk 17 Agustus 2021 mendatang ini, kami usulkan 90 orang untuk mendapat remisi," cetusnya.

Menurut Ismail, remisi diberikan pada warga binaan sesuai dengan beberapa syarat lainnya yang diatur dalam undang-undang pemasyarakatan.

"Kami akan memberikan kepada warga binaan yang telah berkelakuan baik selama di Lapas, dan telah menjalani 6 bulan pidana,” tuturnya.

Dikatakannya, usulan remisi dilaksanakan melalui sistem database pemasyarakatan secara online, dan apabila disetujui oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, maka Lapas Sanana akan menerima surat keputusan remisi melalui aplikasi sistem database Lapas Sanana.

"Usulan remisi kami usulkan secara online, dan diperkirakan sebelum 17 Agustus 2021 akan terbit SK remisi, selanjutnya kami akan sampaikan ke warga binaan yang menerima. Dan tepat pada tanggal 17 Agustus 2021," terangnya.

Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik Lapas Sanana, Sukarman Drakel menyebutkan, untuk saat ini jumlah warga binaan yang berada di Lapas sebanyak 142 orang,  90 orang diantaranya yang telah diusulkan untuk mendapatkan remisi 17 Agustus 2021.

"Karena ada beberapa orang yang tidak diusulkan tersebut karena masih berstatus tahanan,” tambahnya.

Napi harus menjalani pidana selama 6 bulan, itu sudah sesuai dengan PP 99 2012 (perkara korupsi), dan ada warga binaan yang telah memasuki waktu berintegritas ke masyarakat, kata Sukarman. (su/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini