Masyarakat Maidi Gelar Upacara HUT RI ke-76 dan Karnaval Merah Putih

Editor: Admin author photo

Upacara HUT RI ke-76 di Desa Maidi (dok.Aidar)

TIDORE - Mahasiswa, Pelajar dan Pemuda Desa Maidi, Kecamatan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar upacara hari kemerdekaan RI ke-76 tahun. Upacara tersebut dipusatkan di lapangan Marimoi desa Maidi, kecamatan setempat, Senin. (17/8/21).

"Kegiatan ini sebagai perenungan diri bagi setiap umat manusia di Indonesia, khususnya masyarakat Maidi. Selain itu upacara ini juga bentuk evaluasi perjalanan bangsa yang telah memasuki usia lansia," ujar Sunarso Budin, ketua panitia penyelenggara.

Dari pantauan Nusantaratimur.com, upacara ini dihadiri masyarakat setempat baik, nelayan, petani maupun buruh. Menariknya upacara di akhiri dengan tarian adat Soya-soya yang diperankan oleh siswa-siswi SMA 14 Tidore.

Usai upacara, kegiatan ini dilanjutkan dengan karnaval bendera merah putih berukuran 20 meter. Bendera raksasa itu kemudian diarak oleh 38 orang siswa-siswi SMA 14 Tidore dari kantor desa setempat menuju lapangan Marimoi.

Siswa-siswi SMA 14 Tikep saat menggiring bendera berukuran 20 meter ke tengah lapangan.
Tamu undangan yang hadir ditempat itu pun turut serta mengambil peran sembari menyanyikan lagu perjuangan. Iring-iringan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut dihiasi dengan umbul-umbul.

Masyarakat desa Maidi ikut meramaikan karnaval (dok. Aidar)
"Karnaval ini sebagai satu bentuk pengakuan sejarah sultan Zainal Abidin Syah di tahun 1958,” tandas Sunarso. (aidar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini