Pembangunan Monumen Juan Sebastian Elcano, Pemkot dan PLTU Tidore Tukar Guling Lahan

Editor: Admin author photo

Muchlisin, Kadis Perumahan, Pemukiman Dan Pertanahan Kota Tidore Kepulauan
TIDORE- Pembangunan monumen Juan Sebastian Elcano terkendala masalah lahan. Meski begitu, lahan tersebut  yang berlokasi di Kelurahan Rum Balibunga itu, masuk pada wilayah kepemilikan PLTU. 

Sementara pembahasan tukar guling lahan sudah mendapat kesepakatan antara Pemkot Tikep dan pihak PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara.  

“ Hasil kesepakatan itu, pihak PLTU memberikan lahannya ke Pemkot dengan panjang 33 meter dan lebar 11 meter. Sedangkan Pemkot nantinya membantu PLTU membebaskan lahan di Maitara untuk membangun Pos Jaga, karena PLTU rencananya membangun di Maitara,” kata Kadis  Perumahan, Pemukiman Dan Pertanahan, Muchlisin kepada wartawan, Kamis (26/8). 

Lanjut Muchlisin, secara administrasi semuanya sudah selesai, sehingga pembangunannya sudah bisa dilaksanakan. 

“ Saat ini kita hanya menunggu surat dari PLTU terkait dengan pembebasan lahan di Maitara untuk ditindaklanjuti sebagaimana kesepakatan yang telah dibuat,” ungkapnya. 

Dikatakan Muchlisin, untuk pembangunan monumen Juan Sebastian Elcano  nantinya akan dilakukan oleh pihak Balai Prasarana Dan Pemukiman. Bahkan untuk desainnya sudah sediakan.  

“ Untuk desainnya terdapat bola bumi yang akan dibuat tepat di depan monumen, karena masih dalam situasi Covid-19 sehingga anggaran untuk pembangunannya masih di refocusing,” tandasnya.

Kendati demikian, kegiatan tersebut nanti akan diusulkan kembali oleh pihak balai ke kementerian untuk dilaksanakan pada tahun 2022, kata Kadis. (dar/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini