Puskesmas Soasio Minta Penambahan 2 Dokter

Editor: Admin author photo
Kepala Puskesmas Soasio, Zulaiha Ali saat di wawancarai (dok.Aidar)

TIDORE – Tenaga dokter di Puskesmas Soasio, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara sangat dibutuhkan.

Pasalnya dokter yang sebelumnya bertugas di Puskesmas tersebut sudah di tarik kembali oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Mereka hanya bertugas selama 6 bulan,“ ujar Kepala Puskesmas Soasio, Zulaiha Ali, kepada Nusantaratimur.com, Rabu, (25/8/2021).

Lantaran itu, Zulaiha mendesak pemerintah Kota Tikep segara melakukan penambahan dokter sebanyak dua orang demi pelayanan kesehatan warga.

“Dokter yang tersisa saat ini (di puskesmas) hanya sebanyak 2 orang, dan semuanya adalah dokter umum," terangnya.

Menurutnya, penambahan dokter tersebut dengan tujuan menungkatkan pelayanan kesehatan dan bentuk pertanggung jawaban wilayah.

“Apabila kami sudah memiliki 4 dokter maka selanjutnya akan diberi tugas. 2 untuk melayani Pasien di Puskesmas, 2 lainnya akan turun melakukan pelayanan di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Selain kekurangan tenaga dokter, Zulaiha mengaku, fasilitas ruang tunggu Puskesmas Soasio juga butuh di rehab karena terlalu sempit. Belum lagi kata dia, puskesmas tersebut adalah bangunan tua yang dibangun pada masa Pemerintahan Provinsi Irian Barat.

"Dalam sehari pasien yang datang berobat di Puskesmas ini paling sedikit 50 orang sampai bisa mencapai diatas 100 orang. Karena ruangannya kecil sebagian harus pasien menunggu di luar dan tangga masuk gedung Puskesmas,” tandasnya. (aidar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini