Rayakan 22 Tahun Ormas Oi dengan Bersih Sampah laut

Editor: Admin author photo

 

Pengurus Oi Kota Ternate Saat membersihkan Sampah di Laut (sumber :ist) 

Ternate - Meski wabah melanda, Badan Pengurus Kota (BPK) Oi Ternate, Maluku Utara tak mau menyisihkan momen bahagia dalam perayaan hari ulang tahun mereka yang ke-22 tahun. 

Bertajuk 'Tak Biru Lagi Lautku' Oraganisasi Kemasyarakatan ini melibatkan Perkumpulan TARUPA Halmahera, NONAKO JELAS, World Clean Up Day Indonesia (WCDI) Maluku Utara dan didukung Pemkot Ternate, dengan meminjamkan 1 unit perahu pengangkut sampah.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 12.00 WIT, Minggu 22 Agustus 2021. Yang diawali pada pesisir laut Kelurahan Sangaji, Ternate Utara sampai ke Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. 

Tim terbagi menjadi dua bagian. Regu satu dengan mengenakan perahu pungut sampah laut dan pesisir milik Pemkot Ternate dan perahu nelayan, memungut sampah apung di kulit air dan regu terpisah mengumpulkan pada sekitar pesisir pantai. 

Koordinator Kegiatan Bersih Sampah Laut, Ramlan Harun mengatakan pilihan acara tersebut sebagaimana Oi mengamati terdapat kecenderungan peningkatan produksi sampah terutama sampah rumah tangga. 

"Ini adalah upaya serta kampanye tentang kelestarian lingkungan kepada warga, bahwa penting untuk kita secara bersama menjaga laut dari sampah yang kita hasilkan sendiri,"ucap Ramlan, yang juga selaku Sekertaris BPK Oi Ternate itu.

Ramlan berharap, upaya mereka lakukan ini dalam akan menjadi contoh bagi masyarakat terutama bagi pemerintah kota Ternate sebagai kendali atas kebijakan. 

"Butuh dukungan dan kesepahaman bersama untuk penanganan sampah yang kian meningkat. Kegiatan ini masih akan terus berlanjut,"ujarnya. 

Sementara itu, Pegiat Perkumpulan TARUPA Halmahera, Julfikar Sangaji, mengatakan kegiatan yang buat Oi patut dicontohkan dalam tindakan sadar akan lingkungan hidup yang kian tergerus.

"Kerena lingkungan bersih akan menciptakan kehidupan yang lebih baik,"tutupnya.

Sekadar diketahui, untuk kegiatan bersih Sampah laut ini menjadi yang pertama bagi Oi Ternate. Namun, bersih-bersih sampah sering dilaksanakan dalam setiap momentum, bahkan bersama sejumlah komunitas.(red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini