Siap Sukseskan STQN, Dinas PUPR Malut Bangun 600 Unit Lampu Hias di Sofifi

Editor: Admin author photo
Daud Ismail, Kepala Bidang Marga Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara

SOFIFI- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara berupaya melakukan pembenahan kawasan Ibu Kota Sofifi dalam rangka menyambut Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat nasional (STQN) Oktober mendatang.

Pembenahan yang dilakukan oleh Dinas PUPR Malut adalah melakukan penambahan lampu hias disepanjang jalan kilo meter 40 di Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan (Tikep). 

Sebelumnya, dinas PUPR telah memasang lampu hias yang sama di Pedestrian (trotoar) sebanyak 276 tiang atau 552 bola lampu, sedangkan di Median jalan terdapat 130 tiang atau 260 bola lampu. 

Sementara untuk penambahan yang saat ini telah dipasang mulai dari depan SPBU Sofifi hingga RSUD Sofifi dan dari Desa Baromadohe menuju Kompi serta menuju Desa Balisosa.

" Untuk pekerjaan saat ini masuk segmen 3 dan 4 yang jumlahnya 600 tiang," ujar Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Malut Daud Ismail, kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Ia menjelaskan, untuk alokasi anggaran pembangunan lampu hias di sofifi, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp. 42 miliar. 

Anggaran sebesar itu sudah termasuk pekerjaan anggaran pemkerjaan lampu hias segmen pertama dan ke dua.

"Jadi posisi tiang lampu hias yang saat ini dikerjakan agak jarak tidak seperti segmen 1 dan 2, sehingga untuk segmen 3 dan 4 akan dipasang hingga RSUD Sofifi,"jelasnya.

Daud menyatakan, pemasangan tiang lampu hias hingga ke RSUD Sofifi, karena jalur RSUD Sofifi ketika malam hari cukup gelap, sehingga pemasangan lampu diarahkan hingga ke RSUD Sofifi, sehingga pada malam hari ada penerangan.

" Rencananya sebanyak 600 tiang lampu itu akan dipasang di trotoar dan median jalan sesuai jalur yang telah ditetapkan," kata Daud. 

Dia sendiri memastikan seluruh pekerjaan lampu hias akan selesai dikerjakan pada September mendatang, karena pemasangan lampu hias adalah salah satu program penunjang STQN.

"Kita berupaya akhir September pekerjaan sudah tuntas, sehingga pada saat pelaksanaan STQN Oktober mendatang sudah bisa difungsikan,"pungkasnya. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini