Tak ada Lomba Pemda Umumkan Desa Pastina Juara I, Seluruh Kades di Sula Kaget

Editor: Admin author photo

 

Kades Pastina terima penghargaan juara I lomba desa dari Bupati Sula (istimewa) 

SANANA - Desa Pastina, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) di umumkan sebagai juara I lomba kebersihan lingkungan dan protokol kesehatan Covid-19.

Pengumuman tersebut berlangsung saat upacara 17 Agustus 2021 di Istana Daerah (ISDA) Kabupaten Kepulauan Sula, Selasa (17/08/2021). Anehnya lomba yang diumumkan itu tidak perna digelar desa setempat.

“Saya kaget karena saya sendiri tidak tahu kalau ada perlombaan desa. Bahkan saya tidak percaya desa pastina ini akan dapat juara 1 lomba kebersihan lingkungan dan protokol Covid-19,” ujar Muhidin Umagapi, kepala desa Pastina begitu disambangi wartawan.

Ia mengaku, sebelunya pada 16 Agustus 2021 kemarin, Bupati Kepsul Fifian Adeningsih Mus dan rombongan melakukan kunjungan serentak ke desa Pastina, tetapi kata Muhidin, kedatangan rombongan itu tanpa pemberitahuan.

“Kedatangan bupati beserta rombongan memang kami masyarakat desa Pastina kaget, karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan,” ucapnya.

“ Dan kami juga tidak tahu kedatangan pemerintah daerah dalam rangka apa,” tambahnya.

Saat itu lanjut Muhidin, ia menduga kedatangan Bupati Sula dan rombongan ke desa Pastina adalah kunjungan kerja. Bahkan, dirinya sama sekali tidak tahu kunjungan itu dalam rangka penilaian desa.

“ Setelah upacara, saya kaget nama desa saya diumumkan sebagai juara satu, karena memang saya tidak tahu, kalau ternyata ada lomba kebersihan lingkungan dan protokol Covid-19,” terangnya.

Tak hanya itu, Muhidin bilang, seluruh kepala desa yang hadir pada upacara 17 Agustus itu pun kaget bahwa ternyata ada lomba desa.

“Jadi semua kepala desa kaget, tidak sangka-sangka ada lomba desa,” cetusnya.

Ditanya kenapa Desa Pastina dapat juara satu, Muhidin menjawab, hal itu diduganya karena dilihat dari keindahan dan kerapian Desa Pastina dan juga protokol Covid-19.

“Karena memang masyarakat desa Pastina mengutamakan kebersihan lingkungan. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini masyarakat Pastina tetap terapkan Prokes Covid-19, terutama mencuci tangan dan memakai masker,” katanya.

“ Saya sangat bersyukur, karena desa saya mendapat juara 1. Itu artinya prestasi ini tetap di pertahankan dan terus ditingkatkan, “ tandasnya. (di/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini