TP PKK Kecamatan Weda Juara I Lomba Masak Serba Ikan

Editor: Admin author photo

 

Wakil Bupati Halteng, Abd. Rahim Odeyani, saat memberikan piala  kepada TP PKK Kecamatan Weda yang keluar sebagai juara satu lomba masak serba ikan. 

WEDA- Tim Pengerak (TP) PKK Kecamatan Weda keluar sebagai Juara I dalam lomba masak serba ikan tingkat kabupaten tahun anggaran 2021  yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Halmahera Tengah melalui dinas perikanan dan kelautan di Aula Salahuddin, Rabu (12/08/2021).

Dalam Lomba ini, TP PKK Kecamatan Weda yang meraih juara I akan mewakili Kabupaten Halmahera Tengah dalam Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi. 

Sementara Juara II diraih Kecamatan Patani, juara III diraih Kecamatan Weda Tengah. Kemudian Harapan I diraih Kecmatan Weda Timur, Harapan II Weda Selatan, Harapan III Patani Timur, dan juara Favorit Kategori Menu Kudapan diraih oleh Kecamatan Patani Utara serta juara Pengunjung Terbanyak yang diraih oleh Kecamatan Weda Utara.

Lomba yang diikuti 10 Kecamatan Se- Kabupaten Halmahera Tengah ini mengusung tema "Ikan sumber gizi utama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Dengan Makan Ikan, Sehat, Kuat dan Cerdas." dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah, Abd. Rahim Odeyani.

Saat membuka kegiatan Wakil Bupati menyampaikan arti penting dari mengkonsumsi ikan salah satu implementasi gemar makan ikan melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi dan nasional tidak lain adalah melahirkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat dan cerdas.

“ Untuk itu melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan agar terus mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sampai di pedesaan,” ungkap Wabup Abd. Rahim Odeyani.

Ketua TP PKK Kabupaten Amriah Edi Langkara, pada kesempatan itu pula menyampaikan,  untuk dapat hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif setiap orang harus mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang, baik berasal dari pangan sumber karbohidrat, protein nabati maupun hewani, serta vitamin dan mineral. 

“ Lomba ini merupakan salah satu cara pengenalan ke masyarakat dalam mempercepat pemahaman masyarakat tentang mengkonsumsi ikan. Dan salah satu wujud kepedulian kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk olahan dengan memanfaatkan bahan baku ikan, kata Amriah.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Sulastri A. Gafur melaporkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak, memperkenalkan keanekaragaman dan inovasi masakan berbahan baku ikan,  menggali  bentuk olahan hasil perikanan,  memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein hewani untuk memenuhi gizi keluarga terutama kepada anak-anak serta mengapresiasi anggota PKK dalam menyalurkan bakat dalam berkreasi.

Adapun Juri dalam Lomba Masak Serba Ikan  ini berasal dari berbagai latar belakang pengalaman profesional yakni Inovasi dan Kreatif. Ny. Fatma Hasyim, SP, Ahli Perikanan. Asri Talib, Ahli Tata Boga. Eba Langkara, Ahli Pangan/Gizi Asrianti Ismail, S.Kes.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Yanto M. Asri, Wakapolres bersama ibu, Staf Ahli, Asisten, seluruh Pimpinan OPD dan pengurus TP PKK Propinsi Malut. (di/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini