Ikuti Pendidikan Kader Madya, Ini Kata Muhammad Sinen

Editor: Admin author photo

 

Muhammad Sinen, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Utara

TIDORE - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Maluku Utara (Malut), Muhammad Sinen sukses mengikuti Pendidikan Kader Madya  yang digelar oleh DPP Perjuangan di Jakarta yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 12 September 2021. Yang diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) DPD PDI Perjuangan dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, beserta Pimpinan-Pimpinan DPRD Se-Provinsi.

Dikatakan Muhammad Sinen, kegiatan ini merupakan jenjang kaderisasi di internal PDIP. Melalui kegiatan ini seluruh peserta dibekali dengan pelatihan Pancasila 1 Juli serta penguatan Ideologi Negara, Ideologi Kepartaian dan semangat persatuan. 

“ Setelah kembali dari sini (Jakarta-red), kami akan tindaklanjut dengan membuat sekolah partai yang diikuti oleh kader-kader PDI Perjuangan dari 10 Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Maluku Utara,” ungkap Muhammad Sinen kepada nusantaratimur.com melalui via telepon seluler, Senin 13 September 2021. Usai mengikuti sekolah di Jakarta. 

Dia menambahkan, sekolah partai yang digelar oleh DPP bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi kader PDI Perjuangan. Dan menariknya, untuk indonesia standar dan kualitas sekolah partai yang dilaksanakan PDI Perjuangan sudah sejajar dengan institusi kaderisasi luar negeri, seperti di Tiongkok, Jerman dan Australia. Sekolah Partai PDIP itu berpusat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

“ Untuk menjadi pemateri di setiap kegiatan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan dia harus memiliki sertifikat guru kader tingkat madya. Dan untuk Maluku Utara itu baru saya dengan Sekretaris ditambah beberapa pengurus lainnya, namun jumlahnya belum terlalu banyak,” tukasnya.

Selain membicarakan sekolah partai, orang nomor dua di Kota Tidore Kepulauan ini juga berkomitmen untuk mengerahkan PDI Perjuangan di Maluku Utara sebagai ujung tombak dalam membangun kesadaran politik di tengah-tengah masyarakat sehingga kedepannya PDIP akan berkerjasama dengan pihak penyelenggara guna meningkatkan kualitas pemilu pada tahun 2024 mendatang. 

"Kita akan bersama-sama dengan KPU maupun Bawaslu untuk melakukan pendidikan politik di masyarakat, jadi PDIP akan menjadi pelopor dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan Politik," tandasnya.

Pancasila Harus Dijadikan Akar Pemersatu Bangsa

Kondisi negara yang kerap dirongrong oleh kelompok-kelompok tertentu yang sengaja memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia, dengan tujuan merubah pancasila sebagai Ideologi Negara menjadi perhatian serius bagi PDI Perjuangan khususnya di Maluku Utara. 

Dia menyerukan kepada seluruh kader-kader PDI Perjuangan di Maluku Utara agar senantiasa memperjuangkan semangat pancasila yang telah diproklamirkannya oleh Presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno yang merupakan pendiri.

“ Bagi PDI Perjuangan, pancasila merupakan Ideologi Negara yang sudah final. olehnya itu untuk memperkuat semangat persatuan di tengah-tengah Masyarakat, Pancasila harus dijadikan sebagai akar pemersatu bangsa,” ungkap Muhammad Sinen.

Lebih lelaki disapa Ayah Erik ini menambahkan, untuk saat ini NKRI merupakan harga mati yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapa pun, apalagi dengan sengaja merubah Ideologi Negara yang berasaskan Pancasila. 

"Jika pancasila ini sudah bisa menyatu dan mengakar di hati rakyat Indonesia, maka guncangan sehebat apa pun tentu sulit merobohkan Keutuhan NKRI,” kata Erik.

Ke depan DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Utara akan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sampai ke tingkat pengurus paling bawah, baik di tingkat DPC yang berada di Kabupaten/Kota maupun sampai ke Anak Ranting PDIP yang ada di setiap Kelurahan/Desa di Provinsi Maluku Utara. 

“ Menjaga keutuhan NKRI dengan semangat Pancasila, menjadi konsentrasi PDIP ke depan, namun hal ini juga menjadi tanggung jawab bersama semua partai, stakeholder dan masyarakat. Sehingga perlu untuk kita kawal secara bersama,” tutupnya. (aidar/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini